SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jokowi Gesa Peluncuran OSS di Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 17 Mei 2018 | 11:13
  • Dibaca : 92 kali
Jokowi Gesa Peluncuran OSS di Batam
ilustrasi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kementerian dan lembaga nonkementerian menyiapkan secara matang rencana integrasi dalam satu sistem elektronik tunggal Online Single Submission (OSS). Di Batam, OSS direncanakan diluncurkan 21 Mei mendatang.

Perintah ini disampaikan Presiden pada sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka Jakarta kemarin. Langkah mendorong implementasi OSS merupakan bagian dari upaya pemerintah menyederhanakan regulasi dan prosedur yang selama ini menghambat pertumbuhan ekonomi. Dalam sidang kabinet yang juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Presiden juga meminta ego sektoral benar-benar dihilangkan dalam penerapan OSS.

Untuk memastikan terwujudnya program tersebut, Presiden memerintahkan kepala staf kepresidenan untuk memonitor ini dan melaporkan kepadanya, kementerian apa saja dan lembaga nonkementerian apa saja yang belum melaksanakan dan bahkan menghambat pelaksanaannya.

“Saat OSS ini diluncurkan harus betul-betul sudah hilang yang namanya ego sektoral, tidak ada prosedur yang ribet, yang lama-lama, semua harus terintegrasi dan sinergi antara kementerian dan pemerintah daerah,” katanya.

Presiden mengingatkan bahwa reformasi tidak hanya soal penerapan sistem daring, tapi juga terkait penyederhanaan regulasi, baik di kementerian lembaga maupun di daerah. Dia pun berharap keberadaan OSS bisa mendorong investasi dan ekspor, pertumbuhan ekonomi, dan pembukaan lapangan pekerjaan di Indonesia.

“Terutama investasi yang padat karya. Sekali lagi ingin saya garis bawahi untuk investasi yang berhubungan dengan padat karya, agar yang namanya prosedur perizinan betul-betul bisa dikurangi sebanyak-banyaknya, hilangkan regulasi-regulasi yang tidak perlu, hilangkan peraturan-peraturan baik di tingkat kementerian, mungkin juga di tingkat eselon satu, ditjen, dan mungkin juga di tingkat BUMN kita,” kata Presiden.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com