SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jokowi Tunggangi Chopperland ke Sukabumi

  • Reporter:
  • Selasa, 10 April 2018 | 12:34
  • Dibaca : 92 kali
Jokowi Tunggangi Chopperland ke Sukabumi

JAKARTA – Ada yang menarik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja ke Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kemarin.

Presiden Jokowi menyempatkan di ri mengendarai motor Chopper land hasil modifikasi Royal Enfield Bullet 350 cc yang dibeli dari produsen nasional pada Januari 2018. Hobi unik naik motor ternyata juga dilakukan oleh para pe mimpin dunia lainnya. Sebut lah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence. Presiden Filipina Rod rigo Duterte juga me mi liki motor baru Harley-Davidson. Presiden Putin pernah mengendarai Harley Davidson Leh man Trike saat bertemu de ngan rombongan pencinta mo tor di Sevastopol, Ukraina, pa da 24 Juli 2010.

Pe nampilan itu menunjukkan bahwa dia ada lah pemimpin yang dekat dengan semua kalangan, ter ma suk ang go ta klub mo tor. Ke mudian pa da 2011 Pu tin ju ga pernah mengendarai Harley Da vidson d a lam fes ti val di ko ta pelabuhan Novo rossiysk ber sama dengan pa ra anggota klub motor. Se per ti dilaporkan Reuters, Pu tin juga meng anggap klub mo tor Night Wolves seba gai “sau dara”. Pera ya an itu ber te ma se ba gai pem be basan ko ta ter se but setelah Perang Du nia II. “Saya ingin berbicara kepada Anda. Itu sungguh keren bahwa An da tidak boleh dilupakan sebagai pahlawan di masa lalu,” kata Putin seperti dilansir Reuters.

“Anak lelaki, anak pe rempu an, kalian semua hebat. Bu – kan hanya karena Anda me la ku – kan hal menyenangkan saat m engen darai sepeda motor, tetapi juga bagaimana Anda mengom – bi na sikan aktivitas untuk me l aku kan hal-hal yang menyenang kan,” imbuhnya. Pemimpin karismatik itu dike nal memiliki hobi maco se la – ma karier politiknya. Dia juga meng ikuti scuba diving,me mancing, dan bermain hoki. Dia pernah pula menunggang kuda, me nerbangkan jet tempur hingga berburu harimau siberia. Bukan hanya Harley Da vid – son, Putin juga dikenal memiliki h o bi mengendarai motor gede Mit subishi. Saat mengunjungi pa meran automotif di Rusia, dia me lihat standar Mitsubishi.

“Sa ya juga memiliki ini,” ujar Putin sambil menunjuk salah satu mo tor produksi Mitsubishi. “Sa ya memiliki motor dari per – usahaanmu (Mitsubishi). Tapi, se jujurnya, saya tidak ingin mengen darainya,” paparnya. Kemudian Wakil Presiden Ame rika Serikat (AS) Mike Pence juga dikenal memiliki ho bi me ngen da rai sepeda motor. Saat tam p il di Konvensi Na sio nal Re pub lik di Cle ve land, pada 21 Juli 2016, Mike Pence datang meng gu nakan se peda motor favoritnya. Selain itu Pence ber kam pa – nye dengan mengendarai se peda motor untuk berkeliling ke be berapa negara bagian.

Dia me nyapa para pendukungnya de n gan melambaikan tangan. De ngan mengendarai sepeda mo tor, Pence ingin me nun jukkan bahwa dia juga bagian dari war ga AS yang memiliki hobi me n gendarai sepeda motor. Hobi itu juga diwujudkan saat dia masih menjadi gu ber nur negara bagian Indiana. Dia se ring ikut mengendarai sepeda mo tor da lam berbagai acara amal. “Bia r – kan saya mem beri kan apresiasi yang jujur dengan me ngendarai se peda motor pa gi ini di Indiana yang indah,” ka ta nya dalam acara amal pada 2013 silam. Acara amal itu di tu ju kan untuk membantu pa ra ve te ran perang. Pence mengaku tidak me miliki Harley Davidson. Dia bukan pe ngendara sepeda motor yang ru tin.

“Saya mengendarai se peda motor saat muda,” terangnya se perti dilansir USA Today. Selanjutnya Presiden Fi li pina Rodrigo Duterte juga me miliki motor baru Harley-Da vidson Street 750 seharga USD7.549. “Itu motor Harley Da vidson,” ujar Duterte pada De sember 2016 lalu. Dia meng – aku, motor baru itu memiliki me sin dan suara yang keren. “Har ley adalah Harley. Itu tidak ber suara. Tenang,” ujarnya. Saat masih menjadi wali kota Da vao, Duterte kerap berpatroli di jal anan Kota Davao dengan meng gunakan sepeda motor Harley dan motor gede lainnya yang men jadi koleksinya. Dia ja tuh cin – ta dengan sepeda motor se jak usia 17 tahun, yakni pada Hon da Endu ro.

Dia juga pernah ber keliling Fi li pina dengan meng gunakan sepe da motor. “Sa ya sudah biasa men gen darai se pe da motor sejak usia 17 ta hun,” ujarnya seperti dilansir Politics.com.ph. Selanjutnya pemimpin yang pu nya hobi unik lainnya adalah PM Narendra Modi. Dia dikenal me nyukai dunia fotografi. Se lain sering berswafoto, dia juga ke rap meng gunakan kam er a nya untuk m e motret peristiwa di se ke li lingnya yang dianggap menarik. Adapun Presiden AS Donald Trump lebih menyukai golf. Dia me luangkan waktu bebasnya un tuk berolahraga golf. Hob inya itu juga menjadi bisnis besar ba ginya karena dia memiliki la – p a ng an golf istimewa di berb agai belahan dunia.

Sementara itu Presiden China Xi Jinping memiliki hobi mem baca buku sastra dan fi lo – sofi. “Saya memiliki banyak hobi. Salah satunya membaca buku. Membaca itu menjadi ba gi an dari gaya hidup saya,” jelasnya. Buku yang paling menjadi favorit Xi adalah karya Con fu – sius (Konghucu). Dia juga b lajar dari karya klasik lainnya se – per ti Sun Tzu. Buku itu ditulis se kitar 2.000 tahun lalu dengan ba hasa China kuno.

Tampil Nyentrik

Presiden Jokowi naik motor ber sama klub motor untuk meninjau langsung program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Sukabumi. “Dari depan Kantor Kecamatan Bantar Gadung ke Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, sa ya menyusuri jalan lebih dari 20 km hari ini (kemarin) bersama komunitas pengendara se peda motor,” tulis Jokowi dalam akun Facebooknya, Minggu (8/ 4). Komunitas yang ikut ada lah klub motor dari Elders, Cleaveland, dari kalangan artis. Sebelum nya sepeda motor Chopperland tersebut baru di co ba Jo kowi di garasi dan ling kung an Istana Kepresidenan Bogor. Presiden tampak nyentrik saat mengendarai motor berwar na emas dengan padu padan ja k et jins serta helm warna hitam yang dikenakannya.

“Rombong an kami sempat mampir di dua desa meninjau pekerjaan pa dat karya. Benar-benar per jalan an yang asyik tanpa sirene di ha ri Minggu,” tandasnya. Di se – pan jang perjalanan, rom bongan bikers RI-1 ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ikut dalam rombongan Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pe kerjaan Umum dan Pe ru mahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Dalam touring itu, Presiden sem pat berbagi tantangan saat meng aspal. Salah satunya ad alah jalan di Sukabumi yang berke lok-kelok. Dia bercerita sudah terbiasa mengendarai motor sejak sebelum menjabat seba gai wali kota Solo. Terakhir me ngendarai motor jarak jauh ada lah saat mengunjungi jalan trans-Papua beberapa waktu lalu.

“Sebelum ini di Papua. Trail ini lumayan juga. Sepuluhan ki – lo meter,” paparnya. Kepala Negara kemudian meng ingatkan agar masyarakat m e matuhi peraturan berlalu lin t as, sekalipun seorang pre si – den. “Supaya diketahui kalau kita ingin naik sepeda motor, spion nya harus ada, lampu ada, nomor ada, semua ada. M emang harus komplet,” jelasnya. Mantan Gubernur DKI Jakar ta itu menambahkan, se peda motor yang dikendarainya ju ga memiliki kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan surat uji kelayakan. Sepeda motor bernomor polisi B 6366 ZJV itu langsung dipar kir di depan Tempat Pengolah an Sampah (TPS) 3R Desa Ci tarik dengan pengamanan ketat oleh puluhan Pas pampres. Seperti biasanya, orang no mor satu di Indonesia itu men y apa ribuan warga Desa Citarik yang sejak pagi menanti dengan melambaikan tangan.

Keda tangan Presiden Jokowi dan Gu bernur Jabar Ahmad Her yawan disambut oleh Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Trans migrasi Eko Putro Widjojo serta perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pe rumah an Rakyat yang sudah tiba le bih dulu di lokasi. Rombongan kemudian menin jau implementasi pe nyer apan dana desa Citarik 2018 se nilai total Rp771 juta yang pada tahap awal dipergunakan untuk mem bangun kolam retensi dan in frastruktur pembangunan pe nahan tanah longsor di se kitar Bukit Manunggal.

Andika hendra/ okezone/sindonews/ant

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com