SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jumaga Ketua DPRD Lagi

  • Reporter:
  • Selasa, 17 September 2019 | 11:43
  • Dibaca : 111 kali
Jumaga Ketua DPRD Lagi
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak.

BATAM – Jumaga Nadek terpilih lagi sebagai Ketua DPRD Kepri dengan dukungan bulat dari DPP PDI Perjuangan. Sekretaris PDIP Kepri Lis Darmansyah santer disebut menjabat Ketua Fraksi PDIP. Sedang istri Lis, Yuniarni Pustoko Weni jadi Ketua DPRD Tanjungpinang.

“Suratnya (SK DPP PDIP) sudah saya terima. Saya diminta jemput dan sudah jemput Jumat (13/9) kemarin,” ungkap Jumaga Nadeak saat dihubungi, kemarin.

Keputusan menjadikan Jumaga sebagai Ketua DPRD Kepri untuk periode kedua ini mengacu surat keputusan DPP PDIP. Setelah pelantikan, santer kabar Jumaga tak lagi mendapat kursi pimpinan Ketua DPRD karena jabatannya sebagai Bendahara PDIP Kepri. Rekan separtai-nya, Lis Darmansyah yang juga dilantik menjadi pertimbangan utama menjabat Ketua DPRD Kepri karena jabatannya sebagai Sekretaris PDIP Kepri.

Pelantikan Jumaga Nadeak, dan tiga Wakil Ketua DPRD Kepri dilaksanakan pada 3 Oktober 2019. Mereka akan dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

Jumaga mengatakan, penetapan dirinya sebagai Ketua DPRD Kepri sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan mekanisme yang berlaku di PDIP.
Terkait dengan tugas yang belum selesai di periode sebelumnya, Jumaga mengatakan tinggal Perda Zonasi Pesisir.

“Nanti kami akan selesaikan Perda zonasi pesisir yang belum selesai. Ke depan, kita tidak bekerja berdasarkan jumlah Perda yang dihasilkan. Sekarang Perda secukupnya. Jangan asal buat Perda,” katanya.

Sementara jabatannya sebagai Ketua Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Kepri akan diserahkan kepada partai setelah dilantik sebagai Ketua DPRD Kepri.

Informasi yang berkembang, Ketua Fraksi PDIP nantinya akan dipimpin anggota fraksi PDIP lainnya, yang saat ini menjabat Sekretaris DPD PDIP Kepri, Lis Darmansyah.

“Pak Jumaga sudah dapat rekomendasi, partai tunduk dengan keputusan partai. Kemungkinan, ketua fraksi, pak Lis Darmansyah,” ujar sumber dari Fraksi PDIP Kepri yang enggan disebut namanya.

Sementara itu Lis Darmansyah mengatakan, dirinya akan menerima apapun keputusan dari DPP PDI Perjuangan atas penunjukan Ketua DPRD Kepri. “Saya sebagai kader yang taat dan patuh atas aturan. Nantinya siapapun yang ditunjuk pusat akan mematuhinya,” katanya singkat.

Sementara sampai kemarin, belum diketahui siapa yang menjabat sebagai Wakil Ketua I yang diisi Golkar, Wakil Ketua II yang diisi PKS dan Wakil Ketua III yang diisi Nasdem.

“Kemungkinan Bu Dewi Kumalasari Wakil Ketua I DPRD Kepri,” kata salah seorang anggota DPRD Kepri.

Pada periode sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kepri dijabat oleh Rizky Faisal, sementara Dewi menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar. Sementara pada periode 2019-2024, Rizky Faisal ditetapkan sebagai anggota fraksi.

DPRD Kepri tadi pagi menetapkan Teddy Jun Askara sebagai Ketua Fraksi Golkar. “Golkar masih memperjuangkan agar mendapat jabatan ketua komisi. Rizky akan menjabat sebagai ketua komisi,” kata anggota DPRD Kepri dari Fraksi Golkar.

Sementara Ketua Fraksi PKS, yakni Hanafi Ekra, Ketua Fraksi Nasdem Khazalik, Ketua Fraksi Hanura dan PAN Bhakti Lubis, Fraksi Gerindra Onward Siahaan, Fraksi Demokrat Deby Maryanti, dan Ketua Fraksi PKB dan PPP Rocky Marciano Bawole.

Ketua DPRD Tanjungpinang

Kader PDI Perjuangan, Yuniarni Pustoko Weni dipastikan menjabat Ketua DPRD Kota Tanjungpinang periode 2019-2024.

Sementara untuk posisi Wakil Ketua I dijabat Ade Angga dari Partai Golkar, dan Wakil Ketua II dijabat Hendra Jaya dari Partai Nasdem.

“Tiga nama itu sudah masuk ke kami, yang mengusulkan DPC partai masing-masing,” kata Sekretaris Dewan DPRD Kota Tanjungpinang, Effendi, kemarin.

Ketiga nama tersebut, kata dia, akan dilantik secara definitif pada tanggal 2 Oktober 2019 mendatang melalui sidang paripurna.

Sebelum pelantikan, lanjutnya, ada beberapa tahapan yang harus dilewati seperti pembentukan fraksi-fraksi dan menyusun tata tertib pelantikan.

“Kalau fraksi sudah dibentuk. Ada tujuh fraksi. Tinggal menyusun tata tertib pelantikan,” imbuh nya.

Kemudian, usai dilantik maka tahapan berikutnya ialah membentuk komisi DPRD Tanjungpinang masa jabatan 2019-2024. iwan sahputra/chandra gunawan/ant

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com