SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kabut Asap, Kurangi Aktivitas di Luar Sekolah

  • Reporter:
  • Kamis, 19 September 2019 | 13:17
  • Dibaca : 78 kali
Kabut Asap, Kurangi Aktivitas di Luar Sekolah
ilustrasi. DOK SINDOBATAM

BATAMKOTA – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengibau kepada sekolah-sekolah untuk mengurangi aktivitas belajar mengajar di luar ruangan. Hal ini mengingat kabut asap yang menyelimuti Batam dan sekitarnya beberapa hari belakangan kian menebal.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Aluan mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan edaran kepada kepala sekolah untuk bisa mengimbau kepada orang tua agar membekali anak-anaknya dengan masker. Untuk melindungi diri dalam aktivitas pergi dan pulang sekolah.

“Serta dalam mengikuti pembelajaran, termasuk aktivitas keseharian di rumah,” ujarnya, Rabu (18/9).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi para siswa dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Mengingat kabut asap yang semakin tebal menyelimuti Kota Batam dan sekitarnya. Ia juga mengimbau agar tua juga membatasi kegiatan anak-anaknya di luar rumah.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, sudah memperintahkan Disdik Kota Batam dan jajarannya untuk mengurangi aktivitas belajar di luar sekola. Ia juga akan terus koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri menyikapi persoalan asap di Batam.

Menurut dia, kualitas Indeks Standart Pencemar Udara (ISPU) Batam sudah berada di atas angka 100. Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antispasi agar masyarakat tidak terkena ISPA atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh asap.

“Untuk sementara ini kami imbau pakai masker dulu, belum pada sampai sekolah diliburkan. Karena jarak pandang di darat masih oke,” kata Amsakar.

Kecuali di udara. Ia menilai untuk penerbangan memang sedikit terkendala akibat kabut asap. Sedangkan bagi anak sekolah, sementara ini Pemko Batam mengambil kebijakan agar Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan menyiapkan masker. Pemberian masker untuk siswa sekolah, sebagai salah satu antisipasi untuk menjaga kesehatan anak-anak.

“Untuk teknisnya akan kami bahas lagi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Kami juga akan koordinasi dengan Pemprov,” kata Amsakar. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com