SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kades Diminta Teliti Gunakan Anggaran

  • Reporter:
  • Jumat, 8 Februari 2019 | 10:10
  • Dibaca : 140 kali
Kades Diminta Teliti Gunakan Anggaran
ilustrasi

ANAMBAS – Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Anambas Kompol Rafizal Amin mengingatkan pejabat desa seperti Kepala Desa (Kades), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan bendahara desauntuk berhati-hati dan teliti dalam menggunakan anggaran desa dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Jangan sampai ada temuan aparatur desa yang menyalahgunakan anggaran desa atau menerima pungutan liar.

“Saya ingatkan kepada kepala desa, yang ada di daerah ini, untuk hati-hati. Ini sudah saya ingatkan jangan ada yang coba-coba pungli,” katanya dalam sosialiasi pungli dan gratifikasi di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Kamis (7/2).

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap seluruh aktivitas yang dilaksanakan pemerintah desa. Selain itu pihaknya juga akan turun ke desa-desa untuk melakukan sosialiasi di Kecamatan Palmatak maupun Kecamatan Jemaja. “Kita akan sosialiasi ke desa-desa yang ada, untuk itu saya berpesan agar desa juga proaktif jangan sampai RT (rukun tetangga) yang lebih proaktif,” ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kehadiran Kades, BPD dan bendahara yang datang untuk mengikuti acara tersebut. “Perlu saya sampaikan, untuk tahun 2018 kita menjadi urutan kedua setelah Tanjungpinang dalam melaksanakan sosialiasi yakni sebanyak 30 kali,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, pungutan liar merupakan penggunaan biaya tak sesuai pada tempatnya, atau sebenarnya tidak ada biaya namun dipungut biaya sehingga telah menyalahi aturan. “Pungli merupakan, salah satu kebiasaan yang dilakukan oknum tertentu dengan masyarakat, ini merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi,” katanya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com