SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kades Harus Terbuka Kelola Dana Desa

  • Reporter:
  • Kamis, 26 September 2019 | 09:08
  • Dibaca : 203 kali
Kades Harus Terbuka Kelola Dana Desa
Bupati Karimun Aunur Rafiq mengukuhkan DPC Apdesi Karimun di Gedung Nasional, Rabu (25/9). /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengukuhkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) setempat di Gedung Nasional, Rabu (25/9). Keberadaan Apdesi dinilai punya peran penting dalam pembangunan desa.

Dalam kesempatan itu, Rafiq berpesan kepada seluruh anggota Apdesi yang merupakan para Kepala Desa (Kades) untuk mengelola dana desa dengan baik. Pengelolaannya pun harus dilakukan pengawalan, baik secara internal dan eksternal. Selain itu, Kades diminta berkoordinasi dengan baik untuk pengawalan dana desa itu.

“Peran desa sangat penting dalam pembangunan dan pertumbuhan. Sejauh ini koordinasi dalam pengawalan dana desa sudah baik. Tapi, diharapkan dapat lebih baik lagi,” katanya.

Dia mengaku, masih ada Kades yang tersandung hukum dalan pengelolaan dana desa karena kelalaian dan kurangnya koordanasi, sehingga menimbulkan kekeliruan mengelola dana desa.

“Intinya konsultasi dan terbuka. Ada satu dua Kades yang tersandung hukum, itu karena kelalaian mereka. Jika paham aturan, maka lakukan dengan baik. Jika tidak, lakukan koordinasi. Semua tidak ingin berurusan dengan hukum, perkuatlah dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum,” pesan Rafiq.

Rafiq mewacanakan pada 2020 nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun akan membuat kerjasa sama dengan media dan desa-desa untuk membantu dan publikasi pembangunan-pembangunan desa yang telah dikerjakan. Dengan begitu, masyarakat luas mengetahui perkembangan pembangunan dan manfaat dana desa tersebut

“Kan gaji dan tunjangan sudah makin baik, jadi bekerjalah sesuai aturan, jangan main-main,” kata dia.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com