SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kades Malang Rapat Tersangka Korupsi Dana Desa

  • Reporter:
  • Rabu, 5 April 2017 | 12:36
  • Dibaca : 2143 kali
Kades Malang Rapat Tersangka Korupsi Dana Desa
Kajari Tanjungpinang Herry Ahmad Pribadi.

BINTAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang menetapkan Kepala Desa (Kades) Malang Rapat Yusran Munir sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Dana Desa tahun 2016. Ia dianggap merugikan negara hingga Rp200 juta dari total Dana Desa Rp1,2 miliar yang dicairkan.

Kepala Kejari Tanjungpinang Herry Ahmad Pribadi mengatakan, kasus dugaan korupsi Dana Desa ini, cukup sederhana. Yusran, tidak melaksanakan pemanfaatan Dana Desa yang diterima sesuai ketentuan dan peruntukan.

“Diduga sudah terjadi penyalahgunaan, atau tidak sesuai peruntukan. Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci,” kata Heri di Gedung PGRI Kecamatan Bintan Timur, Selasa (4/4).

Ia meminta kasus ini menjadi pelajaran bagi kades-kades lain yang menerima Dana Desa. “Jangan sampai terulang lagi,” katanya.

Herry memastikan, dalam kasus ini pihaknya baru menetapkan satu tersangka. Menurutnya, kasus ini tidak membutuhkan waktu lama untuk proses ke persidangan.

“Kasus ini tidak begitu rumit, bisa secepatnya diproses agar ada kepastian hukum,” katanya.

Kades Malang Rapat Yusran Munir saat dikonfirmasi, mengaku tidak paham dengan penetapan tersangka dirinya. Meski mengaku pernah dipanggil dan diperiksa penyidik Kejari Tanjungpinang, sekitar tiga bulan lalu, namun ia tetap kaget saat ditetapkan sebagai tersangka.

“Saya hanya diperiksa sekali, 3 bulan lalu, setelah tak pernah lagi. Dan sekarang tiba-tiba menjadi tersangka,” kata Yusran dalam pesan singkatnya kepada wartawan koran ini.

Menurut Yusran, saat dipanggil ke Kejari Tanjungpinang, ia ditanyai soal pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola Desa Malang Rapat.

Terpisah, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam mengaku belum mengetahui penetapan tersangka Kades Malang Rapat oleh Kejari Tanjungpinang dalma kasus dugaan korupsi Dana Desa tahun 2016.

“Saya baru tahu hari ini dari kalian. Nanti saya akan cek ke kepala dinasnya (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa),” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com