SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kaleidoskop Hukum Januari 2017, Marak Pencurian Berujung Kasus Persekusi

  • Reporter:
  • Rabu, 6 Desember 2017 | 18:58
  • Dibaca : 96 kali
Kaleidoskop Hukum Januari 2017, Marak Pencurian Berujung Kasus Persekusi
Sekuriti Kawasan Panbil, saat menurunkan motor yang digunakan untuk mencuri. (inset) Boy pelaku pencurian yang sudah empat kali masuk penjara, saat diamankan oleh warga saat kepergok mencuri. Foto Tommy Purniawan

SINDOBATAM – Mengawali tahun 2017, sejumlah kasus hukum seperti pencurian sangat meresahkan warga. Hingga akhirnya warga geram hingga berujung aksi main hakim sendiri atau persekusi yang menyeret perangkat RT/RW ke bui.

Catatan SINDO BATAM, di awal tahun, enam warga Perumahan Pandawa Asri, Batuaji ditetapkan sebagai tersangka setelah melakukan pengeroyokan terhadap dua pelaku, Ricardo Sitompul (17) dan Redemtus Firdaus (17), saat mau melakukan pencurian sepeda motor (Curanmor).

Kasus ini sempat heboh karena warga mencoba mengamankan wilayah mereka namun karena main hakim sendiri, membuat kasus ini hingga ke meja hijau. Bahkan, saat itu, muncul protes dari perangkat RT/RW dan membuat mereka ragu untuk ikut andil mengamankan wilayah masing-masing dengan alasan takut tersandung hukum.

Berulang kali para RT/RW meminta perlindungan ke Wali Kota Batam Muhammad Rudi, begitu juga kepada Kapolresta Barelang. Namun, kasus ini terus diproses.

Di bulan Januari lalu, memang kerap terjadi pencurian, khususnya di wilayah Batuaji. SINDO BATAM mendata, 10 kasus pencurian dengan ragam modus mulai dari pura-pura menjadi pemulung untuk masuk ke kontrakan korbannya hingga pencurian yang dilakukan oleh pembantu sendiri.

Di bulan Januari itu, sebanyak 12 orang yang ditangkap oleh Sat Reskrim Polresta Barelang dan diekspos ke awak media pada Rabu (25/1/2017). Belasan orang tersebut karena melakukan kejahatan pencurian dengan cara kekerasan (Curas), pencurian dengan senjata tajam (Curat), pencurian sepeda motor (Curanmor) dan pengeroyokan. Sebanyak tujuh orang, terpaksa diberikan tindakan tegas (Ditembak) karena melakukan perlawanan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com