SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kampung-Kampung Muslim di Dunia

  • Reporter:
  • Rabu, 6 Juni 2018 | 15:16
  • Dibaca : 109 kali
Kampung-Kampung Muslim di Dunia

Jejak penyebaran agama Islam mudah ditemui di berbagai penjuru dunia. Dalam penyebaran Islam acap kali diikuti dengan akulturasi budaya yang ditandai berdirinya perkampungan-perkampungan komunitas muslim.

Berikut kampung-kampung muslim berbagai negara.

1. Kampong Glam, Singapura 
Ini adalah kawasan orang-orang muslim di Singapura. Sejarahnya panjang, buah dari kebijakan kolonial Inggris yang memisahkan kawasan residensial berdasarkan bangsa-bangsa di Singapura. Di Kampong Glam inilah ditempatkannya orang-orang muslim Melayu. Umat muslim di Singapura hanya 15 % dari total populasi. Mayoritasnya Melayu dan keturunan Indonesia.

2. Ko Panyi, Thailand 
Nama kampung muslim di Thailand ini mulai tersohor di kalangan pelancong. Banyak turis mancanegara ke Thailand mampir ke kampung yang terletak di Provinsi Phang Nga ini. Meski terapung di atas air, fasilitas di kampung ini terbilang cukup lengkap. Sebagai kampung berpenduduk mayoritas muslim, Ko Panyi memiliki masjid untuk tempat ibadah

3. Cham Village, Vietnam 
Ada yang unik di tepi Sungai Mekong, Vietnam. Di sini tinggal sekelompok masyarakat muslim yang hidup rukun dan sejahtera dalam sebuah kampung. Kawasan ini biasa dikenali dengan nama Cham Village. Kawasan ini berada di Distrik Chang Doc, An Giang, sebuah provinsi di sebelah barat Vietnam.

4. Aligarh, India 
Kota ini terletak di Provinsi Uttar Pradesh, 130 km sebelah tenggara New Delhi, India Utara, merupakan kota dengan mayoritas muslim dengan sekitar 800.000 penduduk. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari New Delhi menggunakan bus untuk menuju Aligardh. Nuansa keislaman di Aligarh tak bisa dipisahkan dari sebuah bangunan megah yang sudah berdiri dari tahun 1875, Aligarh Muslim University.

5. Itaewon, Korea Selatan 
Itaewon merupakan salah satu kawasan wisata dengan mayoritas muslim terbesar di Korsel. Kawasan ini tidak hanya terdiri dari toko-toko dan restoran, tapi dilengkapi Masjid Jami Seoul dan Madrasah Pangeran Sultan. Setiap Jumat, Masjid Jami Seoul disesak jamaah yang terdiri dari muslim Korea dan muslim dari berbagai negara.

6.Ningxia, China 
Ningxia terkenal dengan kampung muslim yang dinamakan New Muslim Village Suku Hui di Kota Wuzhong, China. Kampung muslim inilah yang menjadi salah satu destinasi wisata wajib dikunjungi saat ke Ningxia. Leluhur Suku Hui datang ketika perdagangan di Silk Road alias Jalur Sutera berlangsung sejak tiga abad sebelum Masehi. Ada sebagian pedagang Arab yang tidak kembali ke kampung halamannya, mereka memilih bermukim dan menikahi warga setempat.

7. Kazan, Rusia 
Kota ini tidak terlalu jauh dari Moskwa. Kazan adalah ibu kota negara bagian Rusia yang dikenal dengan Tatarstan. Kota santri ini memiliki lanskap unik dan menarik. Penghuni kota ini separuhnya muslim. Mereka mengaku pertama kali mengenal Islam dari seorang utusan Islam asal Baghdad pada abad ke-7 Masehi, manakala Kazan masih menjadi bagian dari wilayah Bulgaria. Sejak itu, Islam berkembang cepat di wilayah ini.

8. Cologne, Jerman 
Diperkirakan saat ini jumlah umat Islam di wilayah Cologne mencapai 10% dari total populasi. Jumlah penduduk muslim di Cologne merupakan yang terbanyak di seluruh kota di Jerman. Mayoritas warga muslim di Jerman ini merupakan keturunan Turki. Sebab, negara dengan penduduk muslim terbesar di Eropa itu berbatasan langsung dengan Jerman. Bahkan, banyak keturunan Turki yang akhirnya menjadi warga negara Jerman.

9. West Hendon, London Inggris 
Di West Hendon terdapat kampung Pakistan dan Afganistan. Berhubung kedua negara bertetangga ini adalah negara mayoritas muslim, maka kawasan kampung di West Hendon itupun jadi kampung muslim. Di kampung muslim ini, terdapat sejumlah rumah makan asli Pakistan. Rumah makan ‘Barokah’ menjadi salah satu tampilan di West Hendon itu. Selain rumah makan Barokah, ada pula Café Kabul.

10. Bo-Kaap, Afrika Selatan 
Warga wilayah Bo-Kaap ini sebagian besar beragama Islam karena wilayah ini dulunya adalah wilayah keturunan budak dari Malaysia, Indonesia, India, Sri Lanka dan berbagai negara Afrika pada zaman penjajahan Belanda. Setelah penghapusan perdagangan budak, mereka pun membentuk komunitas baru yang disebut sebagai Malaya Quarter. Kampung Islam di Cape Town ini memiliki eksterior yang berwarna-warni.

JEJAK KAMPUNG MUSLIM DI INDONESIA 

Kampung Pekojan, Semarang 
Kampung ini terletak di MT Haryono Jalan Pekojan, Purwodinatan, Semarang Jawa Tengah. Kawasan Pekojan terdiri dari beberapa perkampungan yaitu, Pekojan Tengah, Petolongan, Bustaman dan Kampung Begog. Asal mula nama Kampung Pekojan berasal dari kata “Koja” yang berarti kampung orang-orang Koja. Mayoritas masyarakat yang tinggal di sini memeluk agama Islam dan mereka keturunan dari Gujarat.

Pasar Kliwon, Solo 
Pasar Kliwon adalah nama salah satu kecamatan di Kota Solo tempat bermukimnya komunitas warga keturunan Arab. Di Pasar Kliwon, ada dua masjid iconic peninggalan kaum muslim di wilayah ini yakni Masjid Assegaf dan Masjid Riyadh. Masjid Assegaf terletak di depan Rumah Sakit Islam Kustati. Dari namanya, masjid ini merujuk pada nama salah satu fam atau marga di keturunan Arab.

Kampung Arab, Pekalongan 
Di Pekalongan, Jawa Tengah juga dapat ditemui pemukiman yang sering disebut Kampung Arab. Terdapat 3 lokasi di Pekalongan yang menjadi titik bermukimnya orang-orang dari Timur Tengah tersebut, yaitu Kelurahan Sugihwaras, Kelurahan Klego, dan Kelurahan Poncol. Dari ketiga tempat tersbeut, Sugihwaras adalah yang paling dominan dengan warga Arab-nya.

Kampong Assegaf, Palembang 
Kampung ini berdiri sejak 1900-an, yang dihuni oleh keturunan Alhabib Alwi bin Assegaf. Maka itu tak heran kalau kampung ini disebut juga Kampong Arab. Kebanyakan adalah keturunan arab dari Hadramaut yang terletak di daerah pesisir jazirah Arab bagian selatan atau Yaman. Kampung yang secara administratif terletak di Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Plaju, Palembang, ini menjaga tradisinya dengan ketat.

Kampung Arab Manado 
Menelusuri perkampungan orang-orang Arab tidak terlepas dari keberadaan pelabuhan Manado di muara Sungai Tondano yang merupakan salah satu pusat perdagangan di Sulawesi Utara sejak abad ke-19. Beberapa pedagang asing yang datang di Manado, nampaknya kaum pedagang dari Arab tertarik untuk menetap tidak jauh dari kota pelabuhan yang sesuai dengan mata pencahariannya sebagai pedagang.

Kampung Gelgel, Klungkung Bali 
Kampung Gelgel dipercaya sebagai permukiman muslim tertua di Bali. Dari kampung Gelgel inilah sejarah lahir dan tumbuhnya komunitas Islam di Pulau Dewata. Desa Gelgel terletak di Kabupaten Klungkung, sekitar enampuluh kilometer arah timur Denpasar. Di kampung ini banyak ditemukan jejak-jejak penyebaran Islam, salah satunya adalah Masjid Nurul Huda, sebuah Masjid tertua di Bali, sehingga tidak mengherankan Gelgel disebut sebagai kampung Islam.

Kampung Arab Pekojan, Jakarta Barat 
Pekojan termasuk salah satu daerah yang masih banyak terdapat cagar budaya peninggalan masa lampau. Nama “Pekojan” berasal dari kata “khoja”, istilah yang masa itu digunakan untuk menyebut penduduk keturunan India yang beragama Islam. Pada era Kolonial Belanda, Pekojan ditetapkan sebagai Kampung Arab, karena menjadi tempat untuk menampung imigran dari Hadramaut (Yaman Selatan).

Koran Sindo/Bobby Firmansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com