SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kapal Pengangkut Mikol Diamankan

  • Reporter:
  • Jumat, 6 September 2019 | 10:42
  • Dibaca : 132 kali
Kapal Pengangkut Mikol Diamankan
Ilustrasi DOK SINDOBATAM

ANAMBAS – Kapal milik PT Pulau Bawah diamankan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kapal pengankut minuman beralkohol (mikol) itu tidak melengkapi dokumen sah.

“Lanal Tarempa telah mengamankan KM Konservasi yang diduga telah melakukan pelanggaran yaitu berlayar dengan tidak dilengkapi SPB (Surat Persetujuan Berlayar) serta dokumen sah di atas kapal. Serta membawa muatan minuman beralkohol tidak dilengkapi manifes muatan kapal,” kata Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad, Kamis(5/9).

Tidak disebutkan berapa banyak mikol yang diangkut. Ia menyatakan, proses penindakan ini berlanjut hingga ke proses hukum. Diketahui dalam perkara ini pihak Lanal Tarempa telah menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyelidikan (SPDP) kepada Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa.

“SPDP sudah kita sampaikan ke Kejaksaan sebulan yang lalu. Saat ini kita sedang menunggu keterangan saksi ahli dalam perkara ini,” katanya.

Adapun kronologi penangkapan terjadi pada tanggal 8 Agustus 2019 lalu saat kapal Lanal Tarempa KAL Baruk sedang patroli di sekitar laut Tanjung Pedas Tarempa. Melihat ada kapal kayu yang sedang berlayar dilakukan pemeriksaan rutin, saat itu nakhoda kapal tidak bisa menunjukkan manifes barang bawaannya kepada petugas yang sedang patroli. Setelah itu kapal digiring ke Mako Lanal dan dilakukan pemeriksaan, sampai saat ini penyidik Lanal Tarempa sudah menetapkan nakhoda kapal, inisial H (35) sebagai tersangka.

“Nakhodanya merupakan warga Telagak. Tersangka terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 600 juta. Saat ini kapalnya sudah kita tahan menunggu proses pelimpahan ke Kejaksaan,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com