SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kapolres Lingga Awasi Kasus Pencabulan Anak di Bawah Umur

Kapolres Lingga Awasi Kasus Pencabulan Anak di Bawah Umur

LINGGA – Kasus pencabulan anak menarik perhatian Kapolres Lingga yang baru dilantik, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. Kasus itu cukup mencolok di samping prioritas Mabes Polri, narkoba dan korupsi.

AKBP Ucok baru disambut dengan tradisi Pedang Pora di Mapolres Lingga, kemarin. Dia menggantikan AKBP Muji Supriadi yang menjabat Wakapolres Barelang. Sebelum ke Lingga, AKPB Ucok bertugas di Polda Kepri.

“Saya amati kasus kriminal yang terjadi akhir-akhir ini di Lingga. Kasus kekerasan seksual terhadap anak mendominasi dibanding kasus kriminal lain,” ungkap AKBP Ucok usai disambut di Mapolres Lingga, kemarin.

Dia memegang data kriminal Polres Lingga. Dari data itu, Kapolres menyimpulkan kejahatan seksual terhadap anak sudah mengkhawatirkan sehingga perlu upaya keras bersama-sama demi menekan kasus terulang.

Meski tidak menyebut jumlah kasus, tindak asusila yang melibatkan anak di bawah umur cukup sering terjadi di Lingga setidaknya dalam empat tahun terakhir. Kasus terakhir, 10 orang ditangkap polisi karena kasus pencabulan anak di bawah umur. Satu orang ditetapkan tersangka awal Januari lalu. Satu bulan sebelumnya, satu orang juga ditangkap dengan kasus yang sama.

Hanya saja, Kapolres menilai kepolisian membutuhkan peran semua elemen untuk mencegah kejahatan terhadap anak terulang.

Di samping penindakan, Kapolres bakal memaksimalkan peran satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Lingga. Binmas bakal menjalin kerjasama dengan Pemda dan elemen masyarakat. “Ini demi menekan tindak pidana pencabulan di Lingga,” sebut Kapolres.

Di sisi penanganan kasus, Kapolres menilai perlu pendekatan lain untuk menyelesaikan kasus yang kebanyakan melibatkan orang dekat, terutama pendekatan dari masyarakat setempat. “Program ini juga meneruskan program Kapolres sebelumnya,” kata Ucok

Lebih jauh langkah awal AKBP Ucok di Lingga sesuai dengan program prioritas Kapolri. “Ada beberapa program perioritas Kapolri di antaranya pemberantasan korupsi dan narkoba,” tutur Kapolres.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com