SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kasus Dugaan Penggelapan Pajak di Tanjungpinang, Jaksa Segera Tetapkan Tersangka

  • Reporter:
  • Kamis, 28 November 2019 | 21:00
  • Dibaca : 164 kali
Kasus Dugaan Penggelapan Pajak di Tanjungpinang, Jaksa Segera Tetapkan Tersangka
Kajari Tanjungpinang Ahelya Abustam didampingi Kasipidsus Kejari Tanjungpinang Aditya Rakatama dan Kasi Intel Kajari Rizky Rahmatullah memberi keterangan pada media, Kamis (28/11). /RINTO SITUMORANG

PINANG – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungpinang, Ahelya Abustam memastikan bakal ada tersangka kasu dugaan penggelapan pajak senilai Rp1,3 miliar di Tanjungpinang. Setidaknya, sudah 11 orang yang diperiksa terkait kasus ini.

“Tim sudah menemukan perbuatan melawan hukum dan ada kerugian negara. Sehingga kami sepakat untuk dinaikkan ke tahap pidsus,” kata Ahelya saat menggelar perkara di Kantor Kejari Tanjungpinang, Kamis (28/11).

Ahelya didampingi Kasipidsus Kejari Tanjungpinang Aditya Rakatama dan Kasi Intel Kajari Rizky Rahmatullah mengatakan, selanjutnya perkara ini akan ditangani Kasipidsus.

Meski begitu, pihaknya masih belum mengungkapkan secara terang-terangan siapa yang akan menjadi tersangka dan total kerugian negara. Jika sesuai berita sebelumnya, dalam kasus dugaan penggelapan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Tanjungpinang tersebut mencapai Rp1,3 miliar.

Adapun perkara dugaan pajak BPHTB Kota Tanjungpinang yang ditangani sementara Kejari Tanjungpinang masih sebatas tahun 2019. Namun, penjelasan Ahelya, tidak menutup kemungkinan perkara yang akan ditangani mundur ke belakang.

“Selama datanya kita dapat, akan kami buka sampai tuntas,” ujarnya.

Sejauh ini, 11 orang yang sudah diperiksa terkait kasus ini yakni Kepala Inspektorat Pemko Tanjungpinang Tengku Dahlan, Kepala BPPRD Kota Tanjungpinang Riany, Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Kantor BPN Tanjungpinang, beberapa orang Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Tanjungpinang, Kabid Penetapan Pajak BPPRD Kota Tanjungpinang Tina Darma Surya.

Ditambah, dua oknum PNS di lingkungan Pemko Tanjungpinang yakni Yudi dan Dodi, serta beberapa wajib pajak BPHTB Kota Tanjungpinang.

rinto situmorang

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com