SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kecamatan Mulai Cetak KIA

  • Reporter:
  • Rabu, 11 September 2019 | 14:48
  • Dibaca : 144 kali
Kecamatan Mulai Cetak KIA
ilustrasi KIA.

SEKUPANG – Kota Batam menerima 50 ribu blangko Kartu Identitas Anak (KIA) dari pemerintah pusat. Blangko KIA sudah mulai didistribusikan ke kecamatan. Pencetakan dilakukan bertahap. Untuk tahap pertama, KIA diprioritaskan bagi anak yang duduk di bangku TK.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Said Khaidar mengatakan, beberapa kecamatan saat ini sudah ada yang menerima blangko KIA. Sedangkan untuk pencetakannya nantinya akan dilakukan secara bertahap dan saat ini sudah ada kecamatan yang selesai melakukan pendataan.

“Sudah ada datanya di kecamatan, tahap pertama ini untuk anak-anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak (TK) dulu,” ujarnya, Selasa (10/9).

Secara umum, KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP. Menurut Permendagri nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk.

Tak hanya itu, KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. KIA sendiri akan bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya.

“Pencetakan KIA akan dilakukan bertahap. Kecamatan yang sudah ready bisa mengajukan blangko dan menerbitkan KIA,” katanya.

Disdukcapil, kata dia, terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pihaknya berharap tahun depan Batam dapat banyak blangko. Sehingga seluruh anak-anak yang ada di Batam bisa mendapatkan KIA.

“Kami harap ahun depan bisa lebih banyak lagi yang dilibatkan agar seluruh anak bisa mengantongi KIA ini,” jelasnya.

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan orangtua untuk bisa mendapatkan KIA bagi anaknya. Seperti mengisi formulir, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga (KK) dan e-KTP, serta pas foto berwarna 2×3 sebanyak dua lembar.

Menurut Said, ada dua kategori KIA yang akan diterbitkan. Yaitu untuk anak usia 0-5 tahun, KIA-nya tidak menggunakan foto, masa berlaku hingga lima tahun. Dan untuk anak usia 5-17 tahun, KIA akan menampilkan foto anak, masa berlaku hingga usia anak memasuki 17 tahun.

Sebelumnya, Camat Lubukbaja, Novi mengatakan pihaknya sudah mendapat surat dari Disdukcapil terkait pendataan anak usia dini ini. Ia mendapat tugas untuk mendata anak didik dua TK di Lubukbaja.

“Kami sudah akomodir arahan itu. Sampai 100 oranglah dari dua TK,” kata Novi di Lubukbaja akhir pekan lalu.

Sama dengan Novi, Camat Batam Kota Fairus Batubara juga sudah mendata anak dua TK di wilayah kerjanya. Yakni KB/TK AIS di Ruko Imperium blok A42-46 dan TK Sunshine Moeslim School di Komplek Ruko Cendana Blok D1 No. 11-12.

“Tapi ini sifatnya baru pengusulan. Untuk kegiatan lanjutan, masih menunggu instruksi dari Disduk,” ujarnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com