SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kelebihan Kapasitas, Lapas Pindahkan 98 Napi Wanita

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Desember 2017 | 14:54
  • Dibaca : 473 kali
Kelebihan Kapasitas, Lapas Pindahkan 98 Napi Wanita
Ilustrasi. Foto SINDO BATAM

SAGULUNG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang akan memindahkan sebagian narapidana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan terjadi karena daya tampung yang melebihi kapasitas.

Kepala Lapas Kelas II A Barelang, Surianto mengatakan, sesuai arahan dari Menteri Hukum dan HAM, terhitung mulai awal tahun 2018 pihak Lapas Barelang berencana akan memindahkan 98 wanita ke Lembaga Pemasyarakatan Anak dan Perempuan Baloi.

Dari data yang diperoleh, jumlah napi di Lapas Batam tercatat 1.280 orang. Jumlah tersebut tentunya jauh dari ideal, di mana seharusnya Lapas hanya mampu menampung 485 narapidana. “Statusnya mereka memang titipan di Lapas. Kami akan segera mengirim 98 napi perempuan ke Lapas anak di Baloi,” ujarnya, Rabu (27/12/2017).

Dia menambahkan, rencana tersebut baru akan dilakukan pada 2018 mendatang. Pasalnya saat ini, Lapas anak yang ada di Baloi tengah dilakukan renovasi.
Kepala Seksi Pembinaan Lapas Batam R Ginting mengatakan, pemindahan narapidana wanita akan dilakukan pada Januari 2018 mendatang. Seluruh napi wanita akan dipindahkan secara bertahap. “Tahun depan sudah bisa dipindahkan semua. Nantinya jika ada napi wanita baru, akan langsung diarahkan ke sana,” katanya

Dari 98 napi wanita di Lapas Batam, sambungnya, rata-rata adalah yang terjerat kasus narkoba, pembunuhan dan pidana umum lainnya. “Kami satukan semua di Lapas anak, karena di Batam belum ada Lapas Khusus wanita,” kata Ginting.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com