SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kembangkan Destinasi Wisata Barus Tarik Wisatawan

  • Reporter:
  • Kamis, 18 April 2019 | 11:12
  • Dibaca : 120 kali
Kembangkan Destinasi Wisata Barus Tarik Wisatawan
Suasana malam di Jembatan I Barelang, Minggu (23/9). BP Batam fokus membangun infrastruktur. f arrazy aditya

BATAM KOTA – Pariwisata masih menjadi satu sektor yang diharapkan mampu menggerakan ekonomi di Batam. Badan Pengusahaan (BP) Batam saat ini juga terus berupaya menjadikan Batam sebagai kawasan tujuan wisatawan. Hanya saja tahun ini lebih fokus dalam pengembangan destinasi dibanding dengan atraksi atau event-event pariwisata seperti tahun lalu.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady mengatakan, program kepariwisataan akan tetap dilanjutkan, hanya saja pihaknya menilai saat ini yang perlu dilakukan adalah dengan membangun destinasi pariwisata. Sehingga bisa menarik wisatawan untuk datang ke Batam. Baik itu wisatawan manca negara ataupun nusantara.

“Banyak aset yang dimiliki BP Batam yang bisa digunakan untuk menarik kunjungan dan investasi orang datang ke Batam. Sayangnya, aset-aset itu belum dimanfaatkan secara maksimal,” kata Edy, Rabu (17/4).

Adapun aset-aset BP Batam yang bisa dimanfaatkan untuk menarik kunjungan wisatawan dan investasi, seperti Taman Rusa di Sekupang. Hampir setiap Minggu, ada kegiatan musik jazz di sana. Selain itu, agrowisata di Tanjungriau. Kemudian wisata kuliner di Welcome to Batam (WTB) yang setiap harinya ramai dikunjungi, Asrama Haji, Camp Vietnam dan beberapa aset lainnya.

Ia mengaku, pengembangan destinasi wisata ini sangat penting, untuk menjadi daya tarik bagi wistawan untuk datang ke Batam. Dengan potensi-potensi yang dimiliki Batam ini,diyakininya bisa menarik wisatawan maupun investasi datang ke Batam. Tentunya, pengembangan destinasi wisata ke depan, harus objek wisata yang memiliki nilai jual.

“Pariwisata tetap menjadi konsen kami, tapi ya itu tadi saat ini memang lebih kepada destinasinya dari pada atraksi,” katanya.

Menurut dia, musim saat ini dinilai tak banyak wisawatan yang berlibur karena masih musim dingin. Sehingga atraksi atau event pariwisata tidak begitu banyak mendatangkan wisman jika diselenggarakan di bulan-bulan ini. Karena itu pihaknya mengaku, sejauh ini belum merencanakan akan membuat event pariwisata di Batam.

Mantan Staf Khusus di Kemenko Perekonomian ini mengaku beberapa kali mengajak beberapa menteri yang datang ke Batam, melewati Jembatan Seiladi. Seperti Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Djalil.

“Keindahan alam yang berada di sekitar Dam Seiladi, tak kalah dengan Maryland di Amerika Serikat. Begitu juga untuk Barelang, juga tak kalah dengan Ipanema di Brasil, dan Bahamas di Karibia,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui tahun kegiatan pariwisata di BP Batam sudah dimulai dengan menggelar sejumlah event wisata. Cara ini dinilai lebih cepat untuk mendatangkan orang datang ke Batam. Diharapkan dengan begitu, pertumbuhan ekonomi di Kepri, khususnya, Batam bisa meningkat.

Apalagi saat itu, pertumbuhan ekonomi Kepri memang sedang turun. Rencana membuat destinasi wisata baru, memang ada saat itu. Hanya saja, perlu waktu. Sehingga diputuskan untuk memulainya dengan mengadakan event pariwisata. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com