SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kembangkan Potensi Industri Batam

  • Reporter:
  • Jumat, 13 April 2018 | 13:46
  • Dibaca : 166 kali
Kembangkan Potensi Industri Batam
Ilustrasi Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Pemerintah Pusat, pemerintah daerah dan Bank Indonesia (BI) akan menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) bertajuk Pengembangan Industri Berorientasi Ekspor Melalui Perluasan Akses Pasar dan Optimasi Kawasan Industri di Hotel Radisson Convention Centre, Jumat (13/4/2018).

Rakor akan dipimpin oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Peserta yang hadir antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya, Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, serta Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan sejumlah bupati.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo menjelaskan, rakor antara BI, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah sudah diselenggarakan sejak tahun 2013 lalu. Adapun rakor di Batam kali ini merupakan yang ke-15.

Menurut dia, untuk bertransformasi menjadi negara maju, Indonesia memerlukan struktur neraca pembayaran yang berkualitas, ditandai oleh surplus Neraca Transaksi Berjalan. Selain itu, Indonesia juga memerlukan peningkatan penyerapan tenaga kerja untuk mengoptimalkan bonus demografi. “Kondisi ini dapat dicapai melalui penguatan industri manufaktur berorientasi ekspor,” ujarnya dalam media briefing di Hotel Radisson Batam, Kamis (12/4/2018).

Batam, sambungnya, berada di Selat Malaka yang merupakan jalur utama perdagangan dunia dan merupakan bagian dari kawasan Free Trade Zone (FTZ). Batam. Juga merupakan salah satu penopang ekspor manufaktur medium high tech nasional elektronik.

“Potensi pengembangan industri di Batam perlu dimaksimalkan untuk mendukung pencapaian surplus transaksi berjalan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com