SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kemenag Batam Gelar Perkemahan Lintas Agama

  • Reporter:
  • Kamis, 21 November 2019 | 15:27
  • Dibaca : 98 kali
Kemenag Batam Gelar Perkemahan Lintas Agama
Ketua Panitia HAB Kemenag Batam Budi Dermawan mengalungkan tanda peserta saat upacara pembukaan perkemahan lintas agama di Hutan Wisata Mukakuning, Seibeduk, Selasa (19/11) sore. F IST

BATAM – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menggelar perkemahan lintas agama di Hutan Wisata Mukakuning, Seibeduk, Selasa (19/11). Kegiatan yang merupakan rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan antar umat beragama terutama di kalangan remaja.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam Zulkarnain Umar mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan rancangan dari para tokoh agama agar mendekatkan antar umat beragama, terutama di kalangan remaja.

“Supaya mereka merasakan hidup berbangsa dan bernegara ini dan bagaimana mereka bisa membangun kebersamaan itu,” kata Zulkarnain.

Perkemahan ini, katanya, juga diharapkan membangun solidaritas antar remaja yang mempunyai peran penting dalam membangun daerah, bangsa dan negara. Sehingga tercipta kerukunan, kedamaian dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Selanjutnya agar memahami bahwa hidup kita saling berdampingan. Kalau persoalan agama itu adalah masing masing individu,” katanya.

Zulkarnain juga berharap kegiatan itu dapat terbangun kebersamaan dan saling menyayangi antar peserta, meskipun berbeda agama. Selain itu juga peserta agar tumbuh jiwa kepemimpinan dalam jiwa mudanya.

“Ternyata pemimpin itu harus kaya dengan informasi dan inovasi yang bisa dikembangkan oleh pemuda. Itu yang kita capai bangun bersama. Terbangun leadership dan kebersamaan,” ujarnya.

Ketua Panitia HAB Kemenag Kota Batam Budi Dermawan menambahkan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 500 peserta dari 36 sekolah di Kota Batam. Perkemahan lintas agama dilaksanakan selama tiga hari yaitu, mulai Selasa (19/11) sampai Kamis (21/11).

“Ini merupakan roadshow kami dalam memperingati HAB Kemenag yang ke-74. Peserta terdiri dari semua agama dari SMP dan SMA se Batam,” katanya.

Selain berbagai macam perlombaan seperti cerdas cermat dan lainnya, katanya, peserta juga akan diberikan pemahaman bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. oleh karena itu nilai persatuan harus diutamakan.

“Nilai-nilai itu harus ada bagi siswa yang nantinya merupakan regenerasi dan pemimpin bangsa ini untuk kedepannya,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com