SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kemenag Siapkan 4.000 Kartu Nikah

  • Reporter:
  • Rabu, 5 Desember 2018 | 13:41
  • Dibaca : 64 kali
Kemenag Siapkan 4.000 Kartu Nikah
Pegawai Kantor Kemenag Batam menunjukkan contoh kartu nikah yang akan diberikan kepada pasangan yang menikah Desember ini, Selasa (4/12). f agung dedi lazuardi

SEKUPANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam mulai Desember ini memberikan kartu nikah kepada pasangan yang akan menikah. Pada tahap awal ini, ada 4.000 kartu nikah disiapkan untuk 2.000 calon pasangan suami istri.

“Pemberian kartu nikah terhitung pencatatan pernikahan Desember ini. Kami sudah gunakan kartu nikah yang penerapannya secara bertahap,” kata Kepala Kantor Kemenag Batam, Erizal Abdullah saat menyerahkan peralatan perekam dan pencetak kartu nikah kepada 12 Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Batam di Kantor Kemenag Batam, Sekupang, Selasa (4/12).

Ia menjelaskan, secara bertahap pasangan yang akan menikah nantinya akan memiliki kartu nikah. Erizal menambahkan, kartu nikah yang berukuran sama dengan KTP atau SIM dan dilengkapi dengan barcode yang berisi seluruh data pemegangnya.

Dengan kartu nikah ala smart card ini, masyarakat tak lagi direpotkan harus membawa buku nikah saat bepergian atau dalam mengurus persyaratan tertentu. Dari kartu ini, seluruh data perkawinan seseorang telah tercatat lengkap. Kartu ini juga terintegrasi dengan data kependudukan yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dengan demikian, hal ini akan makin memudahkan seseorang dalam pengurusan dokumen.

Masyarakat juga semakin tenang karena kartu ini dibuat dengan tingkat keamanan tinggi serta dilengkapi kode quick response (QR) atau barcode. Di sisi lain, untuk mengakses kode ini tak sulit, sebab aplikasi pembaca kode QR muda diunduh lewat smart phone di Play Store atau Appstore. Penerbitan kartu nikah ini adalah sebagai imbas dari pengembangan sistem manajemen pernikahan digital yang tengah dikembangkan oleh Kemenag.

“Jadi kalau dicek akan ketahuan semuanya, karena datanya sudah lengkap, ” ujarnya.

Adapun peralatan yang diserahkan Kantor Kemenag Batam kepada KUA berupa printer card dan kamera. Ia berharap kepada seluruha KUA yang diberikan peralatan bisa merawat dan menjaga dengan baik, karena barang-barang tersebut merupakan barang mahal yang harus dirawat.

“Per unit dilengkapi dengan kamera. Harganya lebih kurang Rp20 juta rupiah, jadi harusnya bisa dijaga dan dirawat, ” katanya. agung dedi lazuardi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com