SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kemenlu Tak Bisa Tentukan Nasib 314 Pengungsi

  • Reporter:
  • Kamis, 1 Maret 2018 | 12:30
  • Dibaca : 275 kali
Kemenlu Tak Bisa Tentukan Nasib 314 Pengungsi
Pengungsi saat di Hotel Hermes. /NOVEL M SINAGA

TOAPAYA – Sebanyak 314 pengungsi asing dari berbagai negara konflik telah hampir satu bulan menetap di pengungsian sementara di Badhra Resort Batu 25 Kecamatan Toapaya, Bintan. Belum ada Satuan Tugas (Satgas) khusus menjaga para pengungsi, sehingga mereka bebas beaktivitas sejak pagi hingga sore.

Kepala Sub Bidang Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Juliana mengatakan, pihaknya belum mendapatkan kepastian sampai kapan 314 pengungsi asing tersebut menetap di Bintan. “Berapa lama mereka berada di Bintan, tergantung dari negara ketiga yang akan menerima para pengungsi,” kata Juliana di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Rabu (28/2/2018).

Dia mengatakan, Kemenlu mengapresiasi Pemkab Bintan telah menempatkan 314 pengungsi asing di Badhra Resort. Pihaknya akan menjadikan Bintan sebagai daerah percontohan di Indonesia untuk penampungan pengungsi. Hingga saat ini Kemenlu terus berupaya, agar para pengungsi itu bisa pulang kembali ke negara asalnya. “Kami akan kaji penyelesaian pengungsi tersebut dari permasalahannya. Jika permasalahan negara pengungsi bisa selesai, mereka dapat dipulangkan kembali,” ujar Juliana.

Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara mengatakan, Pemkab siap membantu penanganan pengungsi berkaitan dengan masalah pendidikan dan kesehatan para pengungsi, demi alasan kemanusian. Namun, Bintan mengalami kendala anggaran, maupun koordinasi dengan instansi terkait. “Bintan siap membantu pelayanan kesehatan secara gratis, pendidikan informal untuk anak pengungsi dan juga harus ada batasan berapa lama pengungsi berada di Bintan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com