SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kemenpupera Kucurkan Rp7 Miliar untuk Kebun Raya

  • Reporter:
  • Kamis, 24 Mei 2018 | 15:16
  • Dibaca : 126 kali
Kemenpupera Kucurkan Rp7 Miliar untuk Kebun Raya
Kebun Raya Batam. /Dok SINDO BATAM

BATAM KOTA – Kebun Raya Batam (KRB) mendapat gelontoran anggaran Rp7 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2018. Bantuan anggaran dari pemerintah tersebut diproyeksikan untuk pembangunan jalan koleksi (collection road).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KRB Lenovia Ade menjelaskan jalan koleksi tersebut diperuntukan bagi pejalan kaki. “Sambil berjalan kaki dan santai, pengunjung bisa melihat tanaman koleksi di KRB yang disusun berdasarkan zona family,” kata Lenovia, Rabu (23/5/2018).

Jalan koleksi tersebut memiliki lebar sekitar 6 meter dengan panjang jalan 700 meter. Rencananya pembangunan sudah mulai dikerjakan Mei ini. Pekerjaan dilaksanakan Kementerian PUPR langsung.

Lenovia mengatakan jika pembangunan jalan koleksi tersebut sudah selesai pihaknya yang akan melakukan perawatan. Baik terhadap jalan hingga ke perawatan pintu gerbang.

Saat ini KRB sendiri sudah memiliki 10 ribu tanaman koleksi, pihaknya berharap ke depan akan terus bertambah. “Jadi untuk pembangunan jalan koleksi ini kami memang tidak terlibat. Anggaran dan pekerjaanya langsung dari Kementerian PUPR,” jelas dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertamanan (Perakimtan) Kota Batam Eryudhi Apriadi mengatakan Pemko Batam membentuk UPT Kebun Raya Batam untuk menyiapkan perencanaan dan pengelolaan KRB.

UPT tersebut nantinya akan melakukan pembangunan dengan bantuan dana anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

“Tahun ini yang akan dibangun tahun ini adalah jalan lingkungan di KRB. Bantuan dana pusat, untuk pengembangan tahun ini, dalam peningkatan infrastruktur di dalam kebun raya,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com