SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kepala DLH Batam Kena OTT, Polisi Amankan Amplop Berisi Rp35 Juta

  • Reporter:
  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 11:15
  • Dibaca : 806 kali
Kepala DLH Batam Kena OTT, Polisi Amankan Amplop Berisi Rp35 Juta
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dendi Purnomo. / Agng Dedi Lazuardi

SINDO BATAM – Hasil penangkapan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Dendi Purnomo dan Direktur PT Batam Samudera, Amir, kemarin (23/10/2017), polisi juga mengamankan tiga amplop berisi uang total Rp35 juta.

Kedua orang tersebut, pejabat dan pengusaha diduga melakukan praktik suap tekait perizinan. Untuk Kepala Dinas itu ditangkap sekitar pukul 14.00 di Perumahan Pengaitan RT 001 RW 012, Sei Harapan, Sekupang.

Kronologis kejadian bahwa Amir sebagai pemenang lelang atas pekerjaan tanki cleaning dengan nilai kontrak sejumlah Rp4 miliar, sehingga Amir melakukan pengurusan dokumen di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dengan maksud agar rencana berita acara pemeriksaan ditanda tangani oleh Dendy Purnomo akan tetapi pengawasan tanki cleaning tidak dilakukan maka sesuai dgn komunikasi antara Amir dengan Hasbi (melalui telepon seluler ) agar menghubungi Dendy Purnomo maka dengan kesepakatan pertemuan di rumah Dendy dan waktu yang bersamaan Amir membawa sejumlah uang.

Setelah diintrogasi polisi, dugaan perkara sebagaimana dimaksud dalam dalam pasal 5 ayat 2 JO pasal 12 A UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU no 31 thn 1999 tentang Pemberantasan Tipikor.

Sementara Amir diduga melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam psl 5 huruf a dan b UU ri no 20/2001 karena memberi hadiah kepada pegawai negeri agar melakukan atau tidak melakukan kewajiban yang bertentangan dengan aturan.

Sementara untuk staf Dendi atas nama Hasbi dan Masrial belum diintrogasi polisi. Kedua pegawai itu merupakan calon penerima uang yang telah disiapkan dalam dua amplop masing masing berisi Rp5 juta sementara Dendi menerima Rp25 juta.

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian membenarkan operasi tangkap tangan tersebut. “Iya benar,” katanya.

1 Komentar

  1. Iwan... Selasa, 24 Oktober 2017

Theme Portal Berita TUX_URL.com