SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kepri Butuh Pasar Induk

  • Reporter:
  • Rabu, 18 Juli 2018 | 13:26
  • Dibaca : 83 kali
Kepri Butuh Pasar Induk
Gubernur Kepri Nurdin Basirun menemui Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, di Jakarta pekan lalu. /HUMAS PEMPROV KEPRI

PINANG – Gubernur Kepri Nurdin Basirun menemui Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita, di Jakarta pekan lalu. Ia ingin pemerintah pusat membangun pasar induk untuk Kepri.

“Kita memiliki program untuk memiliki pusat logistik sendiri dalam bentuk pasar yang akan didesain tradisional modern,” kata Nurdin, di ruang kerjanya, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (17/7/2018).

Untuk itu, ia bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepri Burhanuddin menjemput bola untuk langsung bertemu Mendag di Kantor Kementerian Perdagangan RI Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, pekan lalu. Hal tersebut sebagai upaya mempercepat sejumlah pembangunan infrastruktur di Kepri. Salah satunya adalah pembangunan pasar induk ini.

Program tersebut menurut Nurdin, sejalan dengan program pusat yang dicanangkan dalam Nawacita Presiden Jokowi yakni program 5.000 pasar di seluruh Indonesia.

“Nantinya semua kabupaten dan kota akan bangung gudang untuk kebutuhan bahan pokok,” lanjut Nurdin.

Program tersebut diharapkan Nurdin segera terwujud karena mengingat semakin besarnya kebutuhan masyarakat, untuk itulah dibutuhkan juga tempat untuk menyimpan stok bahan pokok di kabupaten dan kota.

“Agar ketahanan dan ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi,” ujarnya.

Dari hasil pertemuan tersebut Nurdin mengatakan bahwa Menteri Enggartiasto menyambut baik ide yang disampaikan, dengan semua sumber dana berasal dari APBN 2019 dan usulan alokasinya cukup besar. Kata Nurdin, Mendag akan mendorong untuk dialokasikan ke Kementerian PUPR.

“Usulan tersebut akan segera disampaikan ke Presiden Jokowi untuk mendapat persetujuan dan menerbitkan Perpres tentang pembangunan pasar yang disejalankan dengan pembangunan pasar di seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia,” ujar Nurdin.

fadhil

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com