SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ketiak Mulus Tanpa Sakit

  • Reporter:
  • Selasa, 25 April 2017 | 09:18
  • Dibaca : 523 kali
Ketiak Mulus Tanpa Sakit

Bagi wanita, rambut yang tumbuh di area tubuh tertentu dapat mengganggu penampilan. Segala cara dilakukan untuk menghilangkannya. Shaving, waxing, atau teknik yang sedang populer saat ini, IPL (intense pulse light) hair removal.

Dibanding cara-cara lama yang menyakitkan, IPL hair removal termasuk aman dan tak menimbulkan rasa sakit. Terapi sinar ini dipakai untuk berbagai prosedur dermatologis termasuk menghilangkan bulu atau rambut (hair removal). Panjang gelombangnya 450-15.000 nanometer. Gelombang ini mampu menembus kulit dan elemen-elemen spesifik yang menjadi target seperti melanin, melisma, dan folikel rambut.

Selain itu, IPL hair removal dinilai praktis dan efektif menghilangkan bulu. Susyqilin lewat Vios Beauty Care memperkenalkan teknik ini di Batam. “Perawatan ini tidak memberikan rasa sakit karena menggunakan laser,” kata Susyqilin, pemilik Vios Beauty Care, saat pembukaan salonnya di Nagoya Hill Mall, Batam, Senin (24/4). Itu karena IPL menghancurkan elemen yang menjadi target. Tubuh dengan sendirinya akan menyingkirkan jaringan yang luka setelah itu.

Namun di awal perawatan, bulu yang tercabut secara permanen hanya 20-30 persen. Sehingga setidaknya butuh enam sampai beberapa kali perawatan agar bulu-bulu yang tidak diinginkan hilang selamanya. “Jenis kulit orang berbeda-beda. Ada yang bisa cepat, ada yang lambat. Tetapi biasanya hasil optimal setelah enam kali pemakaian,” kata Susy yang mendatangkan teknologi ini dari Singapura.

Selain bulu, yang juga membuat risih adalah ketiak hitam. Penyebab kulit ketiak menjadi gelap, kata Susy, karena perubahan kulit. Perubahan ini terjadi karena kulit kering dan mengalami iritasi akibat pemakaian deodoran atau krim perontok bulu yang terkontaminasi bahan kimia. Proses mencukur (shaving) juga bisa membuat kulit ketiak hitam. “Bukan hanya masalah kulit ketiak gelap, tetapi juga pori-pori ketiak membesar karena proses pencabutan atau waxing,” katanya.

IPL hair removal merupakan prosedur non-invasif dan non-ablatif yang berarti tidak memerlukan obat penenang saat dilakukan tindakan perawatan. Disebut non-ablatif karena spektrum cahaya luas menembus lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merusak atau melukai lapisan atas kulit. Karena itu perawatan inii dapat dilakukan untuk remaja dan dewasa.

Risiko dan komplikasi IPL juga terhitung ringan, seperti kemerahan pada kulit yang berlangsung beberapa hari setelah pengobatan, ketidaknyamanan, dan sensasi terbakar ringan ke sedang yang dapat dikurangi dengan mengoleskan gel atau anestesi topikal. Namun pada beberapa kasus, perawatan ini dapat menyebabkan melepuh dan bercak putih pada kulit seperti sel-sel pigmen hancur dan memar.

“IPL bisa dilakukan dari usia 15 tahun ke atas. Treatment ini dapat menghilangkan atau menghambat pertumbuhan bulu yang dilakukan oleh tenaga ahli,” kata Susy.

Selama tiga hari sejak grand opening, Vios Beauty Care akan menggratiskan satu kali perawatan IPL hair removal kepada pengunjung yang membawa potongan artikel KORAN SINDO BATAM.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com