SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ketua RT/RW Dilarang Aktif di Parpol

  • Reporter:
  • Senin, 5 Maret 2018 | 13:33
  • Dibaca : 437 kali
Ketua RT/RW Dilarang Aktif di Parpol
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. DOK SINDO BATAM

BATAM KOTA – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menegaskan aturan RT/RW tak boleh berpolitik merupakan aturan pemerintah pusat. Pemko Batam hanya membuat aturan turunan dari yang di atasnya. Itu sebabnya Pemko mengeluarkan aturan bahwa Ketua RT dan RW yang ada di Batam diharapkan untuk tidak merangkap jabatan di partai politik.

“Kalau tidak ada dasarnya yang lebih tinggi, tak mungkin kami buat aturan itu,” ujarnya di Batam Centre, Sabtu (3/3/2018).

Dia menjelaskan, larangan untuk tidak berpolitik bagi Ketua RT dan RW dinilai sudah tepat. Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 5 tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan. Pada pasal 20 ayat 2 disebutkan bahwa Pengurus Lembaga Kemasyarakatan tidak boleh merangkap jabatan jadi pengurus lembaga kemasyarakatan lain dan bukan merupakan anggota salah satu partai politik.

Pemko Batam mengeluarkan Perwako Nomor 24 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Masyarakat Kelurahan. Salah satu poin yang dipermasalahkan sejumlah pihak yakni ada larangan bagi pengurus tergabung dalam partai politik. Adapun yang masuk dalam pengurus lembaga kemasyarakatan yakni ketua, sekretaris, bendahara, dan bidang-bidang sesuai kebutuhan. Sementara lembaga kemasyarakatan yang dimaksud antara lain RT, RW, LPM, PKK, dan karang taruna.

Rudi mempersilakan kepada pihak-pihak yang keberatan dengan aturan tersebut untuk mengajukan pembatalan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Karena aturan yang sudah diterbitkan oleh kepala daerah tidak bisa dibatalkan begitu saja. Termasuk Perwako Nomor 24 Tahun 2017. “Kalau ada yang keberatan, gugat ke PTUN. Biar pengadilan yang jawab. Kalau itu (Perwako) dibatalkan, saya laksanakan, ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com