SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

KIA Bukan Jadi Syarat Wajib Mendaftar Sekolah

  • Reporter:
  • Selasa, 14 Januari 2020 | 11:52
  • Dibaca : 63 kali
KIA Bukan Jadi Syarat Wajib Mendaftar Sekolah
ilustrasi KIA.

KARIMUN – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Karimun Bakri Hasyim menegaskan, Kartu Identitas Anak (KIA) bukan merupakan syarat utama pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2020. Pasalnya, belum ada juknis yang mengatur tentang KIA menjadi salah syarat mutlak.

“Belumlah, saya kira KIA bukan merupakan syarat mutlak, kita saja masih menunggu juknisnya,” kata Bakri, kemarin.

Dijelaskan, untuk kondisi saat ini, diakui masih banyak anak-anak yang belum memiliki KIA. Jika KIA ditetapkan menjadi salah satu syarat mutlak, dikawatirkan akan menjadi masalah.

Bakri mengakui, kepemilikan KIA bagi anak-anak sangatlah baik, di mana kartu tersebut merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

“Kalau dilampirkan KIA-nya tidak apa-apa bagi yang sudah ada. Tetapi kalau menjadi syarat mutlak itu akan menyulitkan, namun kita tunggu saja juknisnya,” jelasnya.

Ana, orang tua calon murid, mengaku khawatir setelah mendapat pesan singkat terkait pemberitahuan tentang kebradaan KIA menjadi salah satu syarat mutlak pada penerimaan siswa baru.

“Saya juga mendapat SMS, RT juga menyampaikan,” katanya.

Menurutnya, keberadaan KIA tidak semestinya menjadi syarat mutlak pada pendaftaran baru tahun ini. Apalagi dalam edaran tersebut tidak dijelaskan apakah berlaku untuk penerimaan murid baru pada tingkat tertentu sehingga masyarakat mengasumsikan bahwa KIA berlaku untuk keseluruhan.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com