SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KM Kelud Berlayar Dua Hari Sekali

  • Reporter:
  • Kamis, 20 Desember 2018 | 15:45
  • Dibaca : 514 kali
KM Kelud Berlayar Dua Hari Sekali
Antrean panjang calon penumpang KM Kelud tujuan Batam-Belawan, Rabu (19/12). Pelni menambah jadwal pelayaran KM Kelud tujuan Batam-Medan menjadi dua hari sekali melayani arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019. f teguh prihatna

SEKUPANG – Pelni mulai menambahkan frekuensi jadwal kapal jurusan Batam-Tanjungbalai Karimun dan Belawan mendekati Natal dan Tahun Baru 2019. Pelayaran yang biasanya dijadwalkan hanya seminggu sekali, namun kali ini Pelni menambah jadwal KM Kelud dua hari sekali jurusan Batam-Belawan.

“Jadwal kami tambah mengingat jumlah pemudik dari Batam menuju Medan sangat tinggi,” kata Kepala Pelni Cabang Batam, Suriyanto, kemarin.

Pemadatan jadwal rute Batam-Medan dimulai pada 19,21,23 dan 29 Desember tujuan Belawan. “Kalau ke Jakarta tanggal 25 itu pasti. Yang Belawan ke Batam masih ada jadwal lagi, ini yang terutama jadwal ke Belawan-Batam,” ujarnya.

Sedangkan tiket, saat ini sudah terjual hingga 80 persen. Menurut dia, bagi calon pembeli yang kehabisan tiket, bisa datang keesokan harinya dan pasti akan mendapatkan tiket. Sedangkan harga tiket tidak mengalami kenaikan tetap Rp220ribu untuk kelas ekonomi rute Batam-Belawan.

“Jadi sistem penjualan tiket dari pusat itu secara bertahap, gak dijual sekaligus. Jadi jangan takut kalau kehabisan tiket,” katanya.

Sugiyanto menegaskan, calon penumpang yang ingin berlayar dengan kapal Pelni agar tidak membeli tiket melalui calo. Selain harga tiket yang tidak standar, kemungkinan data tiket dengan data pembeli akan berbeda dan pastinya tidak akan diberangkatkan.

“Jika nama yang di tiket berbeda dengan identitas, kami pastikan tidak akan berangkat. Untuk itu jangan membeli tiket sama calo,” kata Sugiyanto.

Pembelian tiket Pelni bisa didapatkan dari agen-agen resmi yang sudah tersebar, atau pembelian tiket bisa langsung mendatangi Kantor Pelni di Sekupang. “Bisa juga melalui online, atau minimarket seperti alfamart dan dan indomaret, supaya data di tiket dengan data identitas itu sama,” ujarnya.

Penerbangan Tujuan Medan

Penerbangan rute Batam-Medan menggunakan pesawat udara penuh dalam beberapa hari kedepan. Hal ini lantaran terjadinya lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

“Rute Batam ke Medan full dari mulai tanggal 20 Desember hingga 31 Desember ini,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso.

Penuhnya penerbangan rute tersebut tercatat pada maskapai Citilink dan Lion Air Group. Untuk Citilink tujuan Batam ke Medan dari tanggal 20 sampai 31 Desember sudah penuh. Sementara untuk rute lainnya masih tersedia sekitar 30 persen.

“Untuk tanggal 1 sampai 19 Januari 2019 masih tersisa sekitar 25 persen,” ujarnya.

Sementara itu untuk maskapai Lion Air Group, untuk rute Batam-Medan penuh pada tanggal 20 sampai 24 Desember. Sementara untuk selain tanggal tersebut masih tersedia sekitar 3 persen. “Rute Lion Air lainnya masih tersedia,” katanya.

Sedangkan untuk maskapai Sriwijaya semua rute dari Batam yakni ke Jakarta dan Jambi masih tersedia.

Bandara Internasional Hang Nadim juga telah mendirikan satu pos pelayanan pengamanan di land side terminal untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang. “Kita siapkan juga pos pelayanan pengamanan, agar musim mudik kali ini berjalan aman dan nyaman,” kata Suwarso.

Jaga Tempat Ibadah dan Lokasi Hiburan

Kabag Ops Polresta Barelang Kompol Arwin A Wientama mengatakan, personel Polresta Barelang akan diterjunkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 dalam Operasi Lilin Seligi 2018. Selain tempat ibadah, penjagaan juga dilaksanakan di pelabuhan, bandara dan pusat perbelanjaan.

“Operasi lilin ini akan digelar selama 10 hari, dan seluruh anggota polisi akan mengamankan titik-titik yang dianggap berisiko terjadi keributan maupun hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Menurut dia, tidak ada titik rawan di Batam, karena seluruh daerah tergolong aman. Sehingga personel pengamanan tinggal menjaga dan memelihara yang sudah ada. Dari tahun ke tahun, Operasi Lilin yang digelar Polri dan TNI di seluruh daerah cukup signifikan menekan angka kejahatan dalam menghadapi Natal dan tahun baru.

Selain Polri dan TNI, instansi terkait seperti pemadam kebakaran, Dishub, dan masyarakat juga bertanggungjawab menjaga keamanan. Untuk di Batam nantinya ada tujuh pos pelayanan dalam arus balik Natal maupun tahun baru agar berjalan lancar. “Kami sebagai aparat keamanan berkewajiban menjaga keamanan,” kata Arwin.

agung dedi lazuardi/dicky sigit rakasiwi/romi sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com