SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Komedian Cerdas ala Afrika Selatan

  • Reporter:
  • Senin, 23 April 2018 | 15:18
  • Dibaca : 58 kali
Komedian Cerdas ala Afrika Selatan

Trevor Noah, komedian dan pembawa acara asal Afrika Selatan yang kini berkarier di Amerika Serikat. Leluconnya yang jenaka, kritis, dan cerdas menjadikannya sebagai komedian terkenal saat ini.

Trevor Noah lahir pada 20 Februari 1984 di Soweto, Afrika Selatan. Dia merupakan anak dari seorang ibu asal Afrika Selatan berkulit hitam dan seorang ayah Swiss-Jerman berkulit putih. Sebagai seorang anak dengan ras campuran, Trevor mengalami masa-masa sulit di tempat asalnya. Untuk mengatasi hal itu, Trevor senang bergurau dengan temantemannya. Dia juga sering membuat lelucon pintar yang banyak membuat orang tertawa. Trevor pun akhirnya menyadari bahwa dia memiliki bakat sebagai komedian. Dia mulai mengasah kemampuannya sebagai komedian sejak usia yang masih belia.

“Pengalaman saya tumbuh di Soweto, pengamatan tentang ras dan etnisitas adalah tema utama dalam komedi,” ujar Trevor seperti dilansir dari nytimes.com Pada 2002 saat usianya delapan belas tahun, Trevor memiliki peran kecil dalam sebuah episode dari sinetron di Afrika Selatan, Isidingo . Dia kemudian mulai menjadi pembawa acara di siaran radio Noah’s Ark di Gauteng, Afrika Selatan. Pada 2009 Trevor memimpin acara stand up comedy berjudul The Daywalker . Ia berkesempatan mengisi acara Crazy Normal . Pada 2010 Trevor memiliki acara bincangbincang berjudul Tonight With Trevor Noah . Dia pun memulai debutnya sebagai komedian profesional di saluran M-Net dan Mzansi Magic .

Dengan cepat, Trevor menjadi komedian terkenal di Afrika Selatan. Sukses di Afrika Selatan, membuatnya ingin meniti karier di Amerika Serikat. Dia pun memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat pada 2011. Pada 6 Januari 2012 Trevor menjadi stand-up komedian Afrika Selatan pertama yang muncul di The Tonight Show . Dia juga menjadi laki-laki asal Afrika pertama yang muncul pada acara Late Show bersama David Letterman. “Setelahnya, saya berkesempatan membawakan acara Trevor Noah : African American ,” ujar Trevor. Tahun berikutnya ia membintangi pertunjukan komedi berjudul Trevor Noah : The Racist . Acara ini didasarkan pada karya bukunya berjudul That’s Racist .

Pada bulan Desember 2014, Trevor menjadi kontributor di acara The Daily Show . Ia pun tampil di acara tersebut sebanyak tiga kali. Tiga bulan setelahnya, Comedy Central mengumumkan bahwa Trevor menggantikan Jon Stewart sebagai pembawa acara The Daily Show . Awalnya banyak pihak yang meragukan hal ini karena Jon Stewart sudah 17 tahun membawa acara ini dengan gaya leluconnya yang ikonik. Saat wawancara dengan The New York Times, Trevor menyatakan Jon Stewart adalah seorang yang berpengaruh, sekaligus seorang mentor bagi dirinya. Trevor menjelaskan, hal yang paling menakjubkan yang dilakukan Jon kepada Trevor adalah Jon tidak memberi mandat apa pun.

“Buat acaramu. Buat versi terbaikmu,” ujar Jon. Acara The Daily Show With Trevor Noah mulai ditayangkan pada 28 September 2015. Komedian terkenal Kevin Hart menjadi tamu pertama acara perdana ini. Selama satu minggu, acara ini berhasil menarik perhatian satu juta penonton. “Tidak ada yang bisa menggantikan Jon Stewart. Tetapi bersama dengan tim yang luar biasa di The Daily Show , kami akan terus membuat acara berita terbaik ini,” ujar Trevor. Sejak kariernya sebagai pembawa acara dan komedian pada 2002, Trevor sudah tampil dalam 16 acara televisi. Dia juga membintangi tiga judul film.

Selain sebagai komedian, pembawa acara, dan aktor, laki-laki 34 tahun ini juga memiliki talenta lain sebagai penulis, produser, DJ, dan kritikus media. Sejak berkarier di Amerika Serikat, Trevor pun sudah mendapatkan 20 nominasi penghargaan di bidang acara televisi. Dari 20 nominasi tersebut, dia telah memenangi 9 penghargaan.

Dwi nur ratnaningsih

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com