SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kominfo Luncurkan Aruna dan Qasir, Aplikasi untuk Nelayan di Natuna

  • Reporter:
  • Jumat, 22 Maret 2019 | 10:10
  • Dibaca : 212 kali
Kominfo Luncurkan Aruna dan Qasir, Aplikasi untuk Nelayan di Natuna
Ilustrasi foto AGUNG DEDI LAZUARDI

NATUNA – Badan Aksesibilitasi Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo meluncurkan aplikasi Aruna dan Qasir bagi nelayan. Launching tersebut dilakukan di Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, kemarin. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Kominfo Rudiantara melalaui video conference (Vcon) dari Jakarta menggunakan fasilitas Palapa Ring Barat (PRB). Pada acara itu hadir Sekjen KKP Nilanto Perbowo, Dirjen Perikanan Tangkap Kemen KP Zoelfikar, Bupati Natuna Hamid Rizal dan nelayan di Kabupaten Natuna, serta seluruh FKPD dan OPD.

Sekjend Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo menjelaskan, aplikasi ini dapat membantu nelayan dalam bekerja agar lebih baik di darat maupun di tengah laut. “Aplikasi ini bisa dipergunakan melacak pergerakan ikan di laut, bisa juga untuk memantau harga ikan di seluruh nusantara sesuai jenisnya, bisa juga mengakses perkiraan cuaca dan lain sebagainya,” katanya kepada nelayan.

Aplikasi ini berbasis layanan 4G sehingga nelayan bisa menyampaikan informasi melaui saluran audio, visual dan teks. “Dengan ini nelayan juga bisa menyampaikan informasi tentantang gangguan keamanan kawasan kepada petugas kemanan yang ada di darat menggunakan gambar video, telepon dan massage,” katanya.

Selanjutnya, ia menyarankan para nelayan untuk menghubungi programer aplikasi tersebut yang sudah disiapkan di Natuna. “Untuk mengetahui lebih rinci mengenai aplikasi ini silahkan bapak ibu dapat mendatangi progremer kami. Nanti mereka yang membantu bapak ibu untuk mengkasesnya,” ujarnya.

Harmawi, nelayan dari Desa Cemaga Selatan, Kecamatan Bunguran Selatan mengaku belum mengetahui dan belum bisa menggunakan aplikasi itu karena ia tidak memiliki smartphone. Ia juga mengaku di desanya belum ada jaringan internet. “Kami belum tahu apa aplikasi itu. Kalaupun kami tahu mungkin kami belum bisa menggunakannya karena kami belum punya hp canggih dan di tempat kami tak ada internet. Tap kita coba aja nanti,” katanya.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com