SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Konversi Mitan ke Gas Tergantung Pertamina

  • Reporter:
  • Kamis, 22 Februari 2018 | 10:41
  • Dibaca : 409 kali
Konversi Mitan ke Gas Tergantung Pertamina
Ilustrasi DOK SINDO BATAM

KARIMUN – Konversi bahan bakar minyak tanah ke gas bumi belum diterapkan di Kabupaten Karimun, meski kebijakan serupa sudah diterapkan di sejumlah kabupaten kota lain di Kepri. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli menyatakan, penerapan kebijakan konversi minyak tanah ke gas tergantung kebijakan Pertamina dan pemerintah pusat.

Yosli mengatakan, penerapan konversi minyak tanah ke gas elpiji subsidi sempat menjadi wacana, namun masih memerlukan kajian secara matang.

“Pertamina juga tentu harus mengkaji bagaimana konversi minyak tanah ke gas benar-benar membantu masyarakat, bukan sebaliknya membebani masyarakat,” kata Yosli di Karimun, Rabu (21/2/2018).

Menurut dia, penerapan kebijakan konversi di Karimun terkendala mahalnya transportasi tabung gas ke pulau-pulau. Tabung gas antar pulau memerlukan kapal dengan standar keselamatan tingkat tertentu, yang terbuat dari besi. Sementara, di Karimun dan sejumlah pulau di sekitarnya, transportasi laut masih ditopang oleh perahu kayu.

“Sementara, masyarakat tidak mampu masih menggunakan minyak tanah sambil menunggu kebijakan dari Pertamina,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com