SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Koreksi USBN Secara Online Mulai Diterapkan

  • Reporter:
  • Jumat, 13 April 2018 | 16:04
  • Dibaca : 138 kali
Koreksi USBN Secara Online Mulai Diterapkan

SURABAYA –Dinas Pendidikan Kota Surabaya mulai menerapkan sistem penilaian pada hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP/MTs menggunakan aplikasi berbasis online.

Sistem pengoreksian se – cara online yang telah dirancang untuk para guru diharapkan mem bantu melakukan koreksi soal jawaban USBN secara cepat dan mudah. Kasi Kurikulum Sekolah Me – nengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Iswati menuturkan, untuk mempermudah peni lai an terhadap hasil USBN ber ba sis komputer, pihaknya menerapkan sistem penilaian secara online.

Sebelum dilakukan pe ngo – reksian hasil USBN secara online, para guru diberikan pela tihan dan pembekalan terlebih dahulu melalui aplikasi online tersebut. “Hari ini jadwalnya gu ru mata pelajaran (mapel) Ba hasa Indonesia yang menda patkan pelatihan, selanjutnya mapel-ma pel lainnya,” kata Is wati kemarin.

Dia melanjutkan, penilaian ha sil USBN terutama pada soal esai menggunakan sistem skoring , ada empat jenis kriteria yang dirupakan dalam bentuk angka (4) sangat baik, (3) baik, (2) cukup, dan (1) kurang. “Ni – lai-nilai tersebut selanjutnya diintegrasikan dengan sistem skoring,” sambungnya.

Adapun untuk jadwal pe lak – sanaan ujian tingkat SMP/MTS akan dilaksanakan pada 23-26 April, untuk susulan pada 8-9 Mei. Sementara USBN pada 9- 13 April, 16-19 April, dan 2-3 Mei. Untuk tahun ini, sebanyak 16 mata pelajaran (mapel) yang di ujikan. Berbeda dengan ta – hun kemarin, dari mapel yang di ujikan hanya dalam format pi – lih an ganda.

Namun, untuk ta – hun ini semua mapel yang di uji – kan terdapat soal esai. Ma ka – nya, untuk mempermudah me – la ku kan penilaian, para guru di – berikan fasilitas berupa aplikasi penilaian secara online.

Salah satu guru yang meng – ajar di SMPN 23 Surabaya Ali Muk son mengatakan, aplikasi ko reksi online tidak hanya da – lam hal koreksi jawaban soal uji an, tapi sistem aplikasi pen – di dik an tersebut juga sangat ber manfaat bagi para guru dalam meningkatkan mutu dan kua li tas kompetensi me – ngajarnya.

“Guru zaman now tidak hanya memiliki kompetensi mengajar yang mumpuni. Na – mun, juga ha rus melek IT,” katanya. Dia melanjutkan, saat ini pe – manfaatan IT wajib dan mutlak dikuasai oleh para guru, sum – ber be lajar, hingga evaluasi ha – sil pem belajaran telah berubah wu jud dari yang semula meng – gu na kan kertas, menjadi dalam ben tuk file data.

“Melalui sis – tem apli kasi koreksi online, pe – ni lai an soal USBN jadi lebih mudah. Se bab, bisa diakses se – tiap saat serta di mana saja di la – kukan,” ucapnya. Retno Suhartini, guru lain – nya juga menjelaskan sistem aplikasi pengoreksian secara online, diri nya dan para guru yang lain lebih mudah dalam memberikan penilaian jawaban hasil USBN.

Selain itu, aplikasi online juga dapat me ningkatkan kom petensi meng ajar bagi para guru. “Sistem ini mem per mu – dah ka mi untuk melakukan pengo rek s ian soal jawaban, mes ki pun terdapat soal esai,” kata gu ru ba ha sa Indonesia asal SMPN 31 ini.

aan haryono

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com