SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPK Sosialisasi di BP Batam, Terapkan Aplikasi Cegah Korupsi

  • Reporter:
  • Rabu, 1 Agustus 2018 | 16:12
  • Dibaca : 193 kali
KPK Sosialisasi di BP Batam, Terapkan Aplikasi Cegah Korupsi
ilustrasi

BATAM KOTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyosialisasikan aplikasi tata kelola pemerintahan guna mencegah praktik korupsi di lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Upaya pencegahan tersebut dilakukan agar seluruh pejabat pemerintah tidak melakukan hal-hal di luar ketentuan.

Koordinator Wilayah Sumatera II Supervisi dan Pencegahan KPK, Adlin Syah Malik Nasution mengatakan pencegahan merupakan program penting yang harus dilakukan. Itu sebabnya pihaknya turun langsung ke daerah-daerah untuk menyampaikan program pencegahan korupsi.

“Kami hari ini berkunjung ke BP Batam untuk berkoordinasi. Kedepan kita berharap bisa lebih banyak bertemu dan berdiskusi terkait dengan program pencegahan praktik korupsi,” kata Adlin di gedung Marketing BP Batam, Selasa (31/7).

Adlin menjelaskan pihaknya mendorong agar BP Batam bisa menggunakan sistem aplikasi elektronik, baik itu dalam pengelolaan keuangannya ataupun pelaporan harta kekayaan para pejabatnya. Pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh pejabat di BP Batam untuk tidak sekali-kali melakukan pungutan yang tidak sesuai dengan aturan.

Disinggung terkait dengan pejabat korupsi di Kepri, ia mengaku bahwa upaya penindakan pasti akan dilakuan jika ada yang terbukti memanfaatkan jabatannya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Hanya saja pada kesempatan itu pihaknya mengaku bahwa kunjunganya ke Batam memang lebih fokus terhadap upaya pencegahan agar korupsi tersebut tidak terjadi.

“Kalaupun ada temuan tidak etis kalau saya sampaikan disini. Intinya kunjungan kami saat ini lebih kepada koordinasi dalam upaya pencegahan,” jelasnya.

Selain ke BP Batam, ia sebelumnya juga melakukan kunjungan ke kantor Wali Kota Batam dan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Tujuannya sama, yakni menggelar sosialisasi kepada pemerintah di daerah. Pihaknya berharap dengan adanya sosialisasi ini praktik-praktik korupsi di Batam dan juga Kepri tidak terjadi.

“Mudah-mudahan setelah kami melakukan sosialisasi ini, korupsi tidak terjadi di Kepri. Besok (hari ini) kita juga melakukan sosialisasi di Bintan dan Tanjungpinang,” jelasnya.

Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto menyambut baik sosialisasi yang dilakukan oleh KPK. Ia menegaskan bahwa akan menjalankan apa yang direkomendasikan KPK agar korupsi tidak terjadi dan tidak dilakukan oleh para pejabat di lingkungan BP Batam. Hal ini juga akan disampaikan kepada seluruh pegawai BP Batam.

Bambang mengatakan BP Batam berkomitmen harus bersih dari korupsi. Sebagai lembaga pemerintah tentu sudah menjadi kewajiban untuk menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang ada. Menurut dia, budaya korupsi harus dihilangkan, agar Batam ke depan bisa semakin maju dan lebih baik.

“Tadi kita sampaikan tugas dan fungsi BP Batam. Termasuk semua sumber anggaran kita dari mana juga kita paparkan. Korupsi adalah musuh kita bersama, jadi harus kita lenyapkan,” kata Bambang.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com