SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPKNL Pastikan Tetap Akan Lelang KM Matahari Laut

  • Reporter:
  • Rabu, 29 Agustus 2018 | 13:11
  • Dibaca : 348 kali
KPKNL Pastikan Tetap Akan Lelang KM Matahari Laut
Ade Supandi (kiri) dan Siswanto (kanan) kuasa hukum PT Sumber Sarana Samudera. /arrazy aditya

BATAM KOTA – Kuasa hukum PT Sumber Sarana Samudera pemilik sah kapal MT Matahari Laut, Ade Supadi meminta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam menunda pelelangan kapal tersebut. Pihaknya akan melakukan perlawanan meski KPKNL tetap melakukan pelelangan yang dijadwalkan pada 30 Agustus besok.

“Kami akan tetap melakukan perlawanan meskipun balasan surat dari KPKNL Batam atas permohonan untuk penundaan lelang tidak sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya, Selasa(28/8).

Dalam surat balasan tersebut, sambungnya, KPKNL Batam mengatakan bahwa lelang yang akan dilaksanakan hanya dapat dibatalkan dengan permintaan penjual atau berdasarkan penetapan atau putusan dari lembaga peradilan. Berdasarkan balasan surat dari KPKNL Batam tersebut, pihak kuasa hukum telah mengirimkan surat susulan ke Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat (Jakpus) serta kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakpus.

Ade menjelaskan, dalam surat susulan yang disampaikan kepada Kepala Kejari Jakpus bahwa kliennya sebagai pemilik Kapal MT Matahari Laut yang sah sebagaimana tertera dalam grosse akta pendaftaran kapal nomor: 8865 tertanggal 28/5/2015 yang dikeluarkan oleh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, serta dengan bukti-bukti lainnya bahwa mulai dari proses awal sampai dengan persidangan perkara-perkara atas nama terdakwa Eva N dan Awaluddin dan yang lainnya dan sampai dengan dilakukannya penyitaan kapal MT Matahari Laut oleh pihak Kejari Jakpus, kedudukan/keberadaan/status klien sebagai pemilik sah telah diabaikan/tidak dilibatkan/tidak diikut sertakan.

Sedangkan kepada Kepala PN Jakpus, dalam surat yang disampaikan pihak kuasa hukum untuk menghindari kerugian yang lebih besar terhadap klien, dan memohon agar majelis hakim menjatuhkan putusan sela, yakni memerintahkan tergugat agar tidak melakukan upaya-upaya pengalihan dengan cara lelang dan/melenyapkan dengan cara memusnahkan kapal MT Matahari Laut milik penggugat, sampai dengan putusan perkara ini telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht).

Diberitakan sebelumnya, kapal MT Matahari Laut yang merupakan barang sitaan Kejari Jakpus dan akan dilelang oleh PKPNL Batam. Kapal tersebut digunakan oleh penyewa untuk melakukan kejahatan pembajakan kapal. Dalam kejahatan tersebut menggunakan empat buah kapal, yakni MT Kharisma 9, MT Hartadika 2, MT Union Star dan MT Matahari Laut. Dalam aksi itu, peranan MT Matahari Laut berperan hanya untuk penjemputan kru kapal (ABK) dari kapal MT Hartadika 2.

Sedangkan MT Kharisma 9 yang merupakan kapal utama dalam pembajakan laut telah dikembalikan kepada Bank Jabar Banten Syariah (Kantor Cabang Serang) selaku pemiliknya.

Sementara itu, Dian Subakti yang ditemui oleh kuasa hukum pemilik MT Matahari Laut beberapa waktu lalu saat di konfirmasi terkait waktu pelelangan masih belum bisa dihubungi. arrazy aditya

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com