SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPU Batam Selesai Verifikasi, Parpol Banyak Anggota Fiktif

  • Reporter:
  • Kamis, 1 Februari 2018 | 14:13
  • Dibaca : 353 kali
KPU Batam Selesai Verifikasi, Parpol Banyak Anggota Fiktif
ilustrasi

SEKUPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam selesai memverifikasi 12 partai politik (Parpol) lama dan satu parpol baru, yakni Partai Garuda sebagai tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53 tahun 2017.

Komisioner Divisi Hukum KPU Batam Mangihut Rajagukguk mengatakan, hasil verifikasi nantinya akan dibahas dalam rapat pleno, Kamis (1/2/2018). Hasil dari rapat pleno tersebut, parpol yang belum memenuhi syarat akan diberi waktu selama tiga hari, dari 3 hingga 5 Febuari untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

“Umumnya setiap parpol memiliki keanggotaan fiktif atau kantor kepengurusan yang alamatnya tak sesuai dengan data. Untuk itu kami beri waktu untuk memperbaikinya,” ujarnya di Kantor KPUD Batam, Sekupang, Rabu (31/1/2018).

Dia menambahkan, verifikasi yang dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, Selasa (30/1) KPU Batam menghimpun data dari enam parpol. Keenam parpol tersebut adalah PAN, PKS, Demokrat, Hanura, Gerindra dan PKPI. Sedangkan Rabu (31/1/2018) tim yang telah disusun sebelumnya oleh KPU Batam, memverifikasi tujuh parpol. Mereka adalah PPP, Garuda, Nasdem, PBB, PDIP, Golkar dan PKB.

“Ditargetkan proses verifikasi selesai hari ini (kemarin), sehingga KPU Batam segera mengirim berkas seluruh parpol ke KPU Provinsi sebelum akhirnya diserahkan ke pusat,” kata Mangihut.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com