SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPU Bintan Data Orang Dengan Gangguan Jiwa

  • Reporter:
  • Jumat, 7 Desember 2018 | 11:13
  • Dibaca : 115 kali
KPU Bintan Data Orang Dengan Gangguan Jiwa
ilustrasi

BINTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bintan terus mendata masyarakat yang tergolong ke dalam Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) agar dapat menggunakan hak politik dalam pemilu 2019 mendatang. Hal itu sesuai dengan surat edaran KPU RI Nomor 1401 tentang Pendataan Warga Disabilitas Tuna Grahita Sebagai Pemenuhan Hak Pilih.

“Hal ini merujuk kepada UU (Undang-Undang) nomor 07 tahun 2017 pasal 198 ayat 1 bahwa pemilih adalah warga dengan usia 17 tahun atau sudah menikah, sehingga mereka (ODGJ) termasuk,” kata Anggota Komisioner KPU Bintan Haris Daulay, Kamis (6/12).

Berdasarkan hasil sinkronisasi antara Dinkes dan Dinsos, kata dia, ada sekitar 160 ODGJ dari 10 kecamatan di Kabupaten Bintan yang akan mendapatkan hak pilih dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. Mereka terdiri dari 106 laki-laki dan 54 perempuan. “Pendataan dan verifikasi masih terus berjalan, untuk mencari tau apakah ODGJ masih ada, begitu juga keluarganya,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat yang banyak mendapatkan hak pilih dalam pemilu mendatang berada di Kecamatan Bintan Timur sebanyak 41 laki-laki dan 22 perempuan. Kemudian disusul Kecamatan Teluk Sebong sebanyak 15 laki-laki dan delapan perempuan. Lalu Kecamatan Seri Kuala Lobam sebanyak 12 laki-laki dan 5 perempuan, Kecamatan Bintan Utara sebanyak delapan laki-laki dan empat perempuan dan Kecamatan Gunung Kijang sebanyak empat laki-laki dan enam perempuan serta Kecamatan Bintan Pesisir sebanyak enam laki-laki dan empat perempuan.

Selanjutnya, Kecamatan Teluk Bintan terdapat sebanyak tujuh laki-laki dan satu perempuan, Kecamatan Tambelan sebanyak lima laki-laki dan dua perempuan, Kecamatan Toapaya empat laki-laki dan satu perempuan dan Kecamatan Mantang empat laki-laki dan satu perempuan. “Data-data inilah sedang diverifikasi oleh KPU nantinya,” katanya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com