SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPU Imbau Baceleg Segera Mendaftar

  • Reporter:
  • Rabu, 11 Juli 2018 | 10:23
  • Dibaca : 89 kali
KPU Imbau Baceleg Segera Mendaftar
Suasana kantor KPU Tanjungpinang terlihat sepi, Selasa (10/7). Tak ada parpol dan bacaleg yang mendaftar F Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang mengimbau seluruh partai politik (parpol) dan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk segera mendaftar ke kantor KPU. Sebab, hingga sepekan pendaftaran bacaleg dibuka, belum ada satu pun yang mendaftar.

“Jangankan mendaftar, pemberitahuan kapan mau daftar saja belum ada kita peroleh,” kata Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution saat ditemui di kantornya, Selasa (10/7/2018).

Aswin mengajak 16 parpol yang terdaftar dalam pemilu agar segera mendaftar sebelum ditutup pada 17 Juli mendatang. Dia khawatir para bacaleg datang mendaftar di hari terakhir. Menurut dia, hal itu akan merepotkan petugas. Sebab, satu partai diberikan kuota 30 bacaleg, jika ditotalkan semua parpol memenuhi 100 persen pendaftar maka lebih 400 bacaleg yang akan diterima KPU.

“Kita takut nanti kewalahan mengurusinya karena operator menerima pendaftaran hanya tiga orang,” ujar Aswin.

Seperti diketahui, KPU RI telah menetapkan tiga daerah pemilihan (Dapil) Pemilu 2019 di Tanjungpinang. Tiga dapil tersebut memperbutkan 30 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjungpinang.

Untuk dapil Tanjungpinang 1 meliputi Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Tanjungpinang Kota dengan masing-masing jumlah penduduk Tanjungpinang Barat sebanyak 47.990 jiwa dan Tanjungpinang Kota sebanyak 20.431 jiwa. Dapil Tanjungpinang 2 meliputi Kecamatan Tanjungpinang Timur dengan jumlah penduduk sebanyak 83.552 jiwa. Terakhir dapil Tanjungpinang 3 meliputi Kecamatan Bukit Bestari dengan jumlah penduduk sebanyak 55.960 jiwa. Dapil 1 untuk 10 kursi, dapil 2 untuk 12 kursi, dan dapil 3 untuk 8 kursi. Total jumlah penduduk Tanjungpinang sebanyak 207.933 jiwa.

Adapun parpol peserta pemilu adalah PAN, PDIP, PPP, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai Hanura, Partai Demokrat, PBB, Partai NasDem, Partai Gerindra, PKP Indonesia, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Tidak hanya di KPU Tanjungpinang, hal serupa juga dialami KPU Kepri yang sepi pendaftar bacaleg.

Ketua KPU Kepri Sriwati menambahkan, sampai sekarang belum ada legislatif calon anggota DPRD Kepri yang mendaftar. Sriwati juga khawatir para parpol datang mendaftar pada hari terakhir.

“Kita harap parpol segera mendaftar, jangan sampai menumpuk pada hari terakhir,” kata Sriwati.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com