SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPU Sosialisasikan Persyaratan Calon Independen

  • Reporter:
  • Rabu, 6 November 2019 | 11:41
  • Dibaca : 81 kali
KPU Sosialisasikan Persyaratan Calon Independen
KPU Anambas menyosialisasikan persyaratan pencalonan kepala daerah pada Pilkada 2020 di Anambas, Senin (4/11). /JHON MUNTHE

ANAMBAS – Menjelang pelaksanaan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Anambas menyosialisasikan persyaratan calon perseorangan. Dengan begitu, masyarakat atau calon kepala daerah melalui jalur independen bisa menyiapkan diri sejak dini.

“Sosialisasi ini kami sampaikan agar masyarakat mengetahui apa saja syarat bagi calon perseorangan. Makanya kami mengundang orang yang berpotensi maju perseorangan dan partai politik,” kata Ketua KPUD Anambas Jufri Budi, Senin(4/11).

Jufri juga menyampaikan, tahapan Pilkada sudah mulai dilaksanakan dengan berbagai perkembangan isu partai politik yang berkoalisi. Bahkan beberapa bakal calon sudah ada yang mendaftar kepada partai politik. Kemungkinan ke depan juga masih ada calon perseorangan tanpa melalui partai politik.

“Di sinilah ada yang akan mencalonkan diri tanpa melalui partai. Kalau tanpa partai atau perseorangan maka harus memiliki dukungan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya.

Jufri juga menambahkan jumlah dukungan minimal 3.153 dari jumlah DPT Kabupaten Kepulauan Anambas 31.529 pemilih. Dan persebaran minimal 6 kecamatan ada dari 10 total kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Jumlah dukungan minimal tersebar di 6 kecamatan atau lebih 50 persen dari junlah total kecamatan yang ada di Anambas,” ujarnya.

Sementara Komisoner KPU Anambas lainnya, Novelino memaparkan, jika melalui partai politik, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 syarat pencalonan harus mendapat dukungan dari partai politik atau gabungan partai politik yang memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD Anambas atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu tahun 2019.

“Jika saat ini 20 kursi yang ada di DPRD Anambas maka untuk satu pasangan calon minimal 4 kursi dari partai politik yang ada di DPRD untuk satu pasangan calon,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com