SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KSOP dan Imigriasi Tanjungpinang Antisiapasi Lonjakan Penumpang

  • Reporter:
  • Senin, 27 Mei 2019 | 13:06
  • Dibaca : 99 kali
KSOP dan Imigriasi Tanjungpinang Antisiapasi Lonjakan Penumpang
Salah satu kapal saat sandar di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, belum lama ini. F Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang dan Imigrasi Tanjungpinang mengantisipasi adanya lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Lonjakan penumpang lewat Pelabuhan SBP Tanjungpinang diperkirakan mulai dari H-5 sampai H-1 lebaran.

Petugas Piket KSOP Tanjungpinang Syafril mengatakan, saat aktivitas angkutan lebaran di pelabuhan berjalan dengan normal dan belum terjadi lonjakan penumpang. Hingga kini, aktivitas pelabuhan terpantau masih berjalan normal seperti hari biasanya. “Sekarang masih normal, seperti hari biasa saja. Biasanya mudik H-5 sudah mulai lonjakan penumpang,” kata Syafril di Pelahuhan Domestik SBP Tanjungpinang, Minggu (26/5).

Dalam menghadapi lebaran, kata Syafril, KSOP telah menyiapkan segalanya demi kelancaran arus mudik bagi masyarakat, mulai dari persiapan armada kapal dan pelayanan pelabuhan. Sebulan sebelum lebaran, pihaknya telah melakukan uji petik untuk semua armada kapal yang masuk ke Tanjungpinang. “Semua tujuan kita sudah antisipasi masalah lonjakan penumpang ini, mulai dari kesiapan armada kapal. Nanti puncaknya tidak sistem antre lagi untuk keberangkatan, biasanya per 15 menit sekali berangkat,” ujarnya.

Ia mengatakan, hari biasa lalu lintas kapal biasanya sebanyak 50-55 trip keberangkatan, begitu juga dengan kedatangan. Namun, pada saat puncak arus mudik diperkirakan lalu lintas kapal akan bertambah. Jumlah penumpang setiap kapal yang berangkat dan tiba selalu memenuhi kapasitas. “Kalau sudah mulai puncak arus mudik bisa 60 trip, jumlah bisa mencapai 60 trip masing-masing kedatangan dan keberangkatannya,” katanya.

Terpisah, Kepala Pemeriksaan Keimigrasian Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang Daniel Maxrinto menambahkan, dalam mengantisipasi mudik lebaran ini telah menyiapkan segalanya. Terutama bagi penumpang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mudik lewat dari Pelabuhan Internasional SBP. “Kalau sekarang belum ada geliat peningkatan lonjakan penumpang. Kita juga sudah menyiapkan antisipasi terkait lonjakan dan pemeriksaa penumpang saat arus mudik ini,” kata Daniel.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com