SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KSOP Prediksi Puncak Arus Mudik 23 Desember

  • Reporter:
  • Rabu, 19 Desember 2018 | 15:42
  • Dibaca : 81 kali
KSOP Prediksi Puncak Arus Mudik 23 Desember
apel siaga persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

KARIMUN – Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun menggelar apel siaga persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

Apel tersebut dipimpin Plt Kepala KSOP Karimun Mappeati di Halaman KSOP Karimun Jalan Yos Sudarso Kelurahan Tanjungbalai Kota, Selasa (18/12) pagi. Dalam pengamanan masa arus mudik Natal dan Tahun Baru nantinya, juga akan melibatkan TNI, Polri, Basarnas, Stasiun Karantina Kelas II Tanjungbalai Karimun dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Karimun.

“Kesiapan dalam pengamanan masa mudik pada natal dan tahun baru sudah siap 100 persen. Kita telah melakukan pengecekkan fisik kapal, melakukan rapat koordinasi lintas instansi dan juga memberikan himbauan kepada penyedia jasa angkutan laut dan penumpang terkait keselamatan pelayaran,” ujar Mappeati, Selasa (18/12).

Sampai saat ini menurutnya lalu lintas di pelabuhan Karimun masih terlihat sepi dan berjalan dengan lancar. Sementara untuk lonjakan penumpang nanti diprediksi akan terjadi pada 23 Desember 2018 atau H- 2 Natal dan untuk arus balik terjadi pada 3 Januari 2019.

“Penumpang masih normal dan belum terjadi lonjakan. Namun demikian, kapal cadangan sudah mulai kita persiakan dari sekaranh, sehingga apabila terjadi lonjakan tidak akan menjadi kendala,” katanya.

Mapeati mengatakan, lonjakan penumpang juga diprediksi akan terjadi kenaikan sebanyak 3 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai angka 180,005 dengan rata- rata penumpang yang melintasi pelabuhan Karimun berjumlah 11 ribu hingga 12 ribu jiwa.

“Rata- rata penumpang dari Batam, Kukup Malaysia dan Selat Panjang. Karimun merupakan daerah transit, sehingga banyak dari penumpanh didaerah lain hanya singgah disini,” katanya.

Ia berharap arus mudik dan balik pada Natal dan tahun baru dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Terhadap penyedia jasa angkutan laut, ia meminta agar dapat memperhatikan keselamatan dengan tidak memaksakan keberangkatan apabila cuaca buruk.

“Kepada penumpang juga kita minta jangan sampai memaksakan untuk menaikki kapal apabila kapasitasnya sudah penuh. Keselamatan merupakan hal utama yang harus kita perhatikan,” katanya.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com