SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kudapan Mengenyangkan ala Dewi

  • Reporter:
  • Senin, 8 Mei 2017 | 09:59
  • Dibaca : 444 kali
Kudapan Mengenyangkan ala Dewi
Foto Teguh Prihatna

Biasanya roti menjadi pilihan menu sarapan yang praktis dan murah. Kini roti bisa dinikmati sebagai kudapan lezat dan mengenyangkan. Seperti roti gulung abon yang dibuat Susmida Dewita alias Dewi untuk anak-anaknya.

Roti gulung abon sudah dikenal kelezatannya. Roti yang digulung dengan hiasan toping yang cantik dari taburan wijen irisan paprika merah dan daun bawang. Teksturnya empuk dn lembut. Rasanya gurih manis seperti pizza. Banyak toko kue dan bakery menyajikan roti ini sebagai varian kudapan yang ditawarkan. Dewi mencoba membuatnya sendiri di rumah karena anak-anaknya gemar makan roti.

“Anak-anak suka sekali roti. Daripada beli di luar, saya coba bikin di rumah. Kalau kita bikin sendiri kan tidak pakai pengawet. Jadi lebih aman,” kata Dewi di rumahnya di Perumahan Tunas Regency, Tanjunguncang, Batam, Sabtu (6/5).

Dewi mengaku mendapatkan resep roti gulung abon dari kelas baking dengan chef yang didatangkan ke Batam. “Saya juga lihat-lihat resepnya dan bagaimana cara membuatnya di internet,” katanya. Meski agak rumit, ia senang membuat roti ini demi ketiga anaknya.

Dewi juga bergabung dengan ibu-ibu lain di komunitas Baking & Cooking Lover. Di komunitas ini setiap anggota berbagi ilmu membuat kue atau masakan dan bila mungkin menjualnya lewat media sosial seperti facebook. “Sekarang ini kan lagi trennya makanan homemade karena kita tanpa pengawet,” katanya.

Untuk mendapatkan roti gulung yang enak dan empuk, bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, susu segar dan susu bubuk, gula halus, kentang, serta telur. Terigu yang dipakai pun dua macam, tepung protein tinggi yang memang khusus untuk membuat roti dicampur dengan tepung protein sedang. Sementara kentang dipakai untuk membantu agar tekstur roti menjadi lebih padat tetapi lembut.

“Di resepnya pakai bread improver supaya empuk dan awet. Tapi saya ganti dengan kentang sebagai bahan alami yang membuat roti menjadi lembut,” kata Dewi. Roti gulung juga menggunakan campuran margarin dan butter agar lebih gurih dan wangi.

Keunikan roti gulung abon selain dari rasa dan teksturnya, juga bentuk dan tampilannya menarik. Menghias roti dengan wijen, paprika, dan daun bawang dilakukan sebelum dimasukkan dalam oven untuk dipanggang. Baru setelah matang, roti diberi abon dan mayonaise, lalu digulung. Agar tambah cantik pada potongan roti kembali diberi mayonaise dan abon.

Selain roti gulung abon, Dewi juga hobi membuat macam-macam camilan yang mengenyangkan dan disukai anak-anaknya seperti kue sus, pizza, klapertaart, dan banyak lagi. “Kebahagiaan seorang ibu itu ketika anak-anak rebutan menikmati makanan yang kita buat,” kata Dewi dengan mata berbinar.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com