SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lamun Ombak, Citarasa Masakan Asli Padang

  • Reporter:
  • Senin, 29 Juli 2019 | 11:07
  • Dibaca : 194 kali
Lamun Ombak, Citarasa Masakan Asli Padang

SETIAP orang tentu mengenal dan pernah menikmati masakan Padang. Hampir di penjuru wilayah di Indonesia terdapat restoran atau rumah makan Padang. Salah satunya berada di Batam yakni Rumah Makan Lamun Ombak yang berlokasi di Kompleks Graha Rezki Mas, Blok J, No 1 & 2, Seipanas.

Rumah Makan Lamun Ombak merupakan salah satu rumah makan favorit yang berada di Batam. Ada beranekaragam menu yang enak. Cita rasa menu-menu di Rumah Makan Lamun Ombak tak kalah enaknya dari daerah aslinya. Sehingga pengunjung tak perlu jauh-jauh menikmati masakan asli Padang, cukup berkunjung dan menikmati menu masakan asli Padang di Rumah Makan Lamun Ombak.

“Koki kami langsung dari Padang, sehingga cita rasa masakan kami asli Padang,” kata Pemilik Rumah Makan Lamun Ombak, Fina, Jumat (26/7).

Menu andalan Lamun Ombak yaitu gulai kepala kakap, ayam pop, udang kelong, dan ayam kampung. Gulai kepala kakap menggunakan kepala ikan kakap segar dan rempah-rempah berkualitas.Tak ketinggalan daun ruku-ruku salah satu daun khas masakan Padang juga diletakkan di gulai kepala kakap ini.

“Masakan kami mengunakan ikan segar dan rempah-rempah segar, ada juga daun ruku-ruku, jadi lebih enak karena khusus untuk gulai. Setelah selesai masak diletakkan daun ruku-ruku,” ujarnya.

Kemudian ada ayam pop putih berupa ayam yang direbus dengan bumbu lalu di goreng sebentar untuk memanaskan. Sebagai teman makannya memakai sambal merah. Kemudian udang kelong, berupa udang yang digoreng dan sambal goreng sebagai teman makannya. Menurut Fina, udang kelong ini cocok untuk siapa saja, terlebih untuk anak-anak yang tak suka pedas.

“Satu porsi berisi 3 udang besar,” sebutnya.

Ayam goreng kampung panas, ukurannya besar dan ayamnya sangat empuk. Tak ketinggalan ada lalapan dan sambal yang pedas. Fina juga mengunakan bahan yang diambilnya dari Padang, seperti minyak kelapa untuk menumis cabai, supaya wangi, enak, dan gurih.

Menu lainnya ada ayam cianjur, ayam rendang, ayam bakar, ayam penyet, ayam rica-rica, dan pecel ayam. Kemudian juga ada rendang, dendeng, paru, usus, tunjang, hati, limpa, cancang, sop daging, dan gulai otak. Selain itu juga ada udang goreng, ikan bilis, ikan bakar gurame, ikan bakar nila, ikan goreng, ikan gulai, lele goreng, pecel lele, palai, cumi-cumi, dan nasi cumi.

Tersedia juga gado-gado, sate ayam, tempe, sayur, jengkol, pergedel, kerupuk jengkol, kerupuk kulit, emping kuah, telur bulat, telur dadar, telur mata sapi, dan cabai. Ada juga nasi goreng, nasi goreng spesial, mie goreng spesial, bihun goreng, dan kwetiau.

“Mulai dari Rp13 ribu perbungkus. Nasi rendang Rp20 ribu, nasi ayam Rp19 ribu, ayam bakar Rp19, ayam pop Rp20 ribu, ayam rendang Rp20 ribu,” sebutnya.

Lamun Ombak juga menyediakan aneka minuman segar. Ada aneka jus buah,es Lamun Ombak, jus tiga dimensi dilengkapi es krim rasa vanila, thai tea, es teller, sop buah, teh tarik, es coklat dan puding. Harga menu di Lamun Ombak dimulai dari Rp18 ribu.

“Harga terjangkau, kalau makan di tempat minimal khusus hidangan 5 orang dapat gratisjeruk peras hangat atau dingin. Promo ini berlaku sampai akhir Agustus,” terangnya.

Selain masyarakat lokal Batam yang menikmati masakan di Lamun Ombak, wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura dan Malaysia juga rutin menikmati menunya, seperti udang kelong dan rendang.

“Wisman yang datang Sabtu dan Minggu.  Mereka sangat menyukai udang kelong dan rendang. Bahkan rendang dijadikan sebagai oleh-oleh juga. Mereka juga menyukai jus di sini karena terbuat dari buah segar,” ungkapnya.

Fina mengaku berdirinya Lamun Ombak karena bermula dari hobi makan, terlebih makanan nusantara. Setelah resmi dibuka, Lamun Ombak masih mempertahankan kelebihannya seperti menjaga kebersihan, pelayanan kepada tamu, dan rasa masakan.

Rumah Makan Lamun Ombak menampung hingga 200 tamu dan dilengkapi dengan WiFi gratis. Di rumah makan ini juga terdapat musala di lantai 3. Lamun Ombak juga sangat terbuka atas kritik dan saran dari konsumen. Untuk menyampaikan hal itu bisa langsung disampaikan lewat telepon ke 08127000298, atau WhatsApp ke 081396986209.

reni hikmalia

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com