SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lapor SPT Wajib Pakai E-Filing

  • Reporter:
  • Kamis, 15 Maret 2018 | 13:38
  • Dibaca : 510 kali
Lapor SPT Wajib Pakai E-Filing
ilustrasi

BATAM KOTA – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batam Selatan mengimbau kepada seluruh Wajib Pajak untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) secara online melalui e-filing. Baik orang pribadi maupun badan hukum diharapkan dapat menyampaikan laporan SPT secara elektonik.

Kepala KPP Pratama Batam Selatan, Gunung Herminto Siswantoro mengatakan terutama untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Polri dan TNI wajib menyampaikan SPT secara online melalui e-filing. Kewajiban ini sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 8 Tahun 2015. “Jadi semuanya sekarang ini wajib menyampaikan SPT melalui e-filing. Kalau masih bingung kami bisa melakukan bimbingan,” ujarnya, Rabu (14/3/2018).

Khusus untuk wajib pajak pribadi, sambungnya, saat ini boleh menggunakan sistem manual dengan mengisi hard copy, hanya saja saat di kantor pajak nantinya akan dibantu oleh pegawai memindahkan datanya menggunakan e-filing. Dengan batas waktu sampai 31 Maret 2018, itu sebabnya agar wajib pajak segera melaporkan SPT-nya.

Sedangkan untuk badan usaha, saat ini harus langsung menggunakan e-filing. Pihaknya menyatakan akan langsung menolak jika masih ada yang menyampaikan secara manual. Menurut Gunung, program ini akan lebih memudahkan wajib pajak, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. “Kalau untuk badan batas waktunya sampai 31 April 2018. Jadi kalau tidak menggunakan e-filing langsung akan kami tolak,” katanya.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com