SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Latih Manajemen Kelembagaan Ormas dan LSM

  • Reporter:
  • Selasa, 2 April 2019 | 10:31
  • Dibaca : 133 kali
Latih Manajemen Kelembagaan Ormas dan LSM
Bupati Anambas, Abdul Haris. / Dok SINDO BATAM

ANAMBAS – Bakesbangpol dan PBD Kabupaten Kepulauan Anambas gelar pelatihan managemen kelembagaan bagi organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat penerima dana bansos. Saat itu terungkap jika Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tidak diperbolehkan menerima dana bantuan hibah secara kontinyu dari pemerintah. Perwakilan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri, Fran Sinatra mengatakan, hal itu diatur oleh Undang-undang.

“Jika tahun ini mendapatkan dana bantuan dari pemerintah maka tahun depan tidak boleh lagi mendapatkan bantuan dana hibah. Nanti tahun ketiga diperbolehkan lagi, jadi tidak bisa terus-menerus,” ujarnya.

Fran Sinatra juga menambahkan, saat ini tidak ada lagi paksaan bagi Ormas maupun LSM untuk mendaftarkan organisasi kepada pemerintah. Namun jika tidak mendaftar maka organiasai tersebut tidak berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

” Pada dasarnya semua organiasi haknya sama. Untuk saat ini tidak ada paksaan untuk mendaftar, namun jika tidak mendaftar maka organisasi tidak bisa mendapatkan fasilitas apapun dari pemerintah, baik bantuan dana hibah,”katanya.

Fran Sinatra juga menambahkan, ketika disinggung mengenai pemasangan logo organisasi yang mirip dengan logo instansi maupun lambang negara pada organisasi bisa saja dilakukan sepanjang tidak sama dengan logo lembaga pada pemerintahan. Dalam Undang Undang nomor 24 tahun 2009 yang sudah diuji materi disebutkan, selama tidak sama pada pokoknya.

“Logo boleh mirip tapi tidak sama, jika ada satu organisasi menempelkan logo instansi pemerintah harus disejalankan dengan Mou antara organisasi itu,” katanya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat menyampaikan sambutan sebelum membuka pelatihan mengatakan, keberadaan LSM dan ormas semua diorganisir oleh Bakesbangpol dan PBD Kabupaten Kepulauan Anambas. Apalagi dalam memberikan bantuan dana hibah saat ini sudah dilaporkan kepada Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

“Yang namanya bantuan sosial atau hibah harus dilaporkan jelas pada KPK. Untuk itu kedepan melalui program ini nantinya akan Lebih terdata dan jelas melalui wadah Bakesbangpol,”ujarnya.

Bupati juga berharap agar di tengah perubahan politik, Budaya dan lingkungan yang sangat cepat, profesionalitas para pengurus ORMAS maupun LSM juga harus semakin meningkat dan bersinergi. Bupati juga menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir agar ikut berpartisipasi menggunakan Hak pilih pada Pesta Demokrasi 17 April 2019.

“Mari kita bersinergi untuk membangun Kabupaten Kepulauan Anambas ini. Jangan lupa juga nanti 17 April 2019 mendatang agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan apa yang ada dihatinya,”katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com