SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Latihan di Batam, Cari Lawan di Amerika

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Mei 2017 | 14:33
  • Dibaca : 314 kali
Latihan di Batam, Cari Lawan di Amerika
Pemain Timnas Basket Indonesia mendengarkan paparan dari Kepala Pelatih Wahyu Hidayat di Hi-Test Arena, Batam Centre, kemarin. Timnas bakal berlatih dua pekan di Batam sebelum terbang ke AS. ROMI KURNIAWAN

BATAM – Timnas Basket Indonesia meracik strategi untuk mengarungi SEA Games 2017 di Hi-Test Arena Batam. Kualitas lapangan jadi pertimbangan utama anak-anak Merah Putih.

Pemusatan latihan di Hi-Test Arena sudah dimulai sejak Senin (29/5). Latihan bakal berlangsung setiap sore selama dua pekan penuh sampai 2 Juni 2017. Sesi latihan timnas terbuka bagi penonton yang ingin menyaksikan 15 pemain timnas.

Selesai di Batam, 15 pemain timnas terbang ke Houston, Amerika Serikat, lagi-lagi pemusatan latihan selama sepekan termasuk ujicoba dengan tim setempat sekitar dua sampai tiga laga.

“Di Hi-Test Arena, pemain diasah fisik dan teknik. Lalu di Houston main dua atau tiga game,” ungkap Pelatih Kepala Timnas Basket Indonesia Wahyu Hidayat di Hi-Test Arena, kemarin.

Wahyu hanya ingin memperdalam kemampuan pemain di Batam tanpa laga ujicoba. Hi-Test Arena dipilih karena kualitas lapangan yang berstandar internasional dan pemiliknya adalah Manajer Timnas, Suhadi. Adapun pemusatan latihan digeser dari Banten.

Manajer Timnas Basket Indonesia, Suhadi mengatakan timnas akan latihan selama dua pekan di Batam. Taktik permainan dan kemampuan pemain diasah di Hi-Test Arena, sementara kebugaran pemain di Kepri Mall pada Jumat dan Sabtu. “Lapangan Hi-Test adalah lapangan standar internasional yang ada di Sumatera,” ujar Suhadi.

Muka Lama
Skuat timnas untuk SEA Games 2017 masih diwarnai wajah-wajah lama. Setidaknya ada 11 pemain muka lama. Ada pergantian sejak pelatihan yakni Jammar Andre Johnson yang digantikan Ebrahim Enguio Lopez alias Bilboy.

“Saya mencari pemain naturalisasi paling berkontribusi di timnas karena hanya satu pemain berdasarkan FIBA,” ujar Wahyu.

Dua pemain Pelita Jaya, yang sebelumnya ikut pemusatan latihan Adhi Pratama Prasetyo Putra dan Ponsianus Nyoman Indrawan juga tidak masuk dalam susunan skuat sementara timnas basket karena cedera. Dua pemain ini adalah kampiun IBL 2017 bersama Pelita Jaya.

Adapun tiga pemain baru yakni Vamiga Michel (Satria Muda Pertamina), Ferdinand Damanik (Siliwangi, dan Vincent Rivaldi Kosasih (Aspac Jakarta).

Sejak dipertandingkan pada 1977, timnas basket belum pernah meraih medali emas di SEA Games. Prestasi terbaiknya adalah finis runner-up tiga kali pada 2001, 2007, dan 2015. Pada edisi kali ini, timnas basket kembali ditarget masuk final.

“Dengan skuad baru Timnas basket ini kami harapkan membawa angin segar di tim dan mencapai target masuk final SEA Games 2017 Malaysia,” ungkap Wahyu.

15 atlet Timnas Basket Indonesia tersebut yakni :

1. Mario Wuysang

2. Hardianus Lakudu

3. Andakara Prastawa Dhyaksa

4. Christian Ronaldo Sitepu

5. Abraham Damar Grahita

6. Arki Dikania Wisnu

7. Diftha Pratama

8. Sandy Debiansyakh Kurniawan

9. Kevin Yonas Argadiba Sitorus

10. Dirman Dwi Nugroho

11. Ebrahim Lopez Enguio

12. Vamiga Michel

13. Ferdinand

14. Mei Joni

15. Vincent Rivaldi Kosasih

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com