SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lekker Holland Ratna Renyah di Luar, Empuk di Dalam

  • Reporter:
  • Senin, 17 April 2017 | 09:23
  • Dibaca : 427 kali
Lekker Holland Ratna Renyah di Luar, Empuk di Dalam
Foto Teguh Prihatna.

Seperti namanya, Lekker Holland memang lekker (enak) rasanya. Gurih dan harum. Perpaduan antara kue kering dan cake. Teksturnya renyah di luar dan empuk di dalam, seperti yang dibuat Ratna Hartuti di rumahnya.

Menurut Ratna, lekker Holland termasuk cake yang gampang dibuat. Bahannya pun mudah didapat. Cukup menyiapkan tepung terigu, butter, gula, dan telur. Tak perlu baking soda atau bahan pengembang karena cake ini memang tak mesti mengembang seperti cake pada umumnya. “Lekker Holland itu aroma dan rasanya seperti kue kering, tapi teksturnya basah dan empuk seperti cake,” kata Ratna Hartuti di rumahnya, Perumahan Jasinta, Kabil, Batam, Sabtu (15/4).

Dari namanya sudah dapat ditebak. Lekker Holland berasal dari Belanda. Nama aslinya Hollandse boterkoek atau Dutch butter cake dalam bahasa Inggris. Di Indonesia, namanya berubah menjadi lekker Holland. Lekker adalah kata dalam bahasa belanda yang berarti enak.

Yang khas dari kudapan ini adalah banyak memakai butter. Aroma gurih dari butter sangat menonjol. Karena itulah dinamakan butter cake. Namun Ratna tidak membuat cake ini seperti resep aslinya. Ia memodifikasinya dengan menambahkan margarin pada butter ke dalam adonan cakenya. “Saya bikin 100 gram butter dan 100 gram margarin,” katanya.

Dulu, kata Ratna, ada merek butter cukup terkenal yang selalu jadi rujukan para pembuat kue di Batam. “Rasanya enak dan harum. Tapi sekarang harganya sudah selangit,” katanya. Untuk cakenya ini, Ratna memilih merek lain yang kualitasnya juga baik.

Bahan-bahan yang sudah disiapkan dikocok menggunakan mixer. Tahap pertama, gula halus, butter, dan margarin dikocok hingga memutih. Baru kemudian telur dan kismis. Kocokan selanjutnya tak memakai mixer, yakni saat terigu dicampurkan ke dalam adonan. Cukup diaduk dengan spatula hingga rata. Lalu dituang ke dalam loyang.

Sebelum dipanggang dalam oven, ratna mengoles bagian atas adonan dengan kuning telur, lalu diberi garis-garis dengan menggunakan garpu. Pola garis-garis ini adalah ciri khas lekker Holland. Ratna lalu menaburkan kacang mete dan parutan keju sebagai topping. Aslinya, wujud cake ini polos saja. Tidak diberi topping apa-apa.

Juara Masak
Ratna mengaku senang membuat lekker Holland karena selain mudah dan murah, rasanya juga enak. Suami dan anak-anaknya suka. Tak hanya lekker Holland yang ia buat hari itu. Di meja telah tersaji cake stroberi dan cake nanas yang siap disantap. “Saya buat cake dari buah-buahan lokal seperti nanas dan stroberi,” katanya.

Pekan lalu, Ratna baru meraih juara dalam bazar yang digelar selama acara Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kota Batam di Dataran Engku Putri. Predikat cake unggulan disematkan untuk cake nanas buatannnya. “Sewaktu Ibu Rudi (ketua PKK Batam) mencicipi, beliau langsung beli cake saya,” kata Ratna bangga.

Ibu tiga anak ini mengaku hobi memasak, baik masakan maupun kue. Karena hobi, ia tak mau ketinggalan jika ada lomba memasak. Beberapa lomba ia juarai. “Pernah juara lomba yang diadakan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Saat itu saya bikin steak ikan patin saus tauco. Orang kan banyak yang tak suka ikan patin. Bagaimana supaya ikan ini disukai, saya bikin steak,” kata Ratna.

Masakannya dikenal enak. Tak heran bila banyak pesanan datang dari kawan dan kerabatnya. Produk makanannya memang berbeda dari kebanyakan lantaran Ratna senang memodifikasi masakan. Selain cake buah, ada juga ikan yang ia olah menjadi sambal lengkong, sejenis abon ikan. Juga kerang yang dimasak menjadi rendang kerang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com