SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lelang Pengelolaan Air Bersih, BP Prioritaskan Perusahaan Lokal

  • Reporter:
  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 13:10
  • Dibaca : 293 kali
Lelang Pengelolaan Air Bersih, BP Prioritaskan Perusahaan Lokal
Pengolahan Air di dam Mukakuning. / Agung Dedi Lazuardi

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mempersiapkan dokumen proses tender pengelolaan air bersih. BP Batam bakal membuka lelang secara terbuka bagi perusahaan-perusahaan lokal yang bersedia mengelola air bersih menggantikan PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Sebagaimana diketahui masa konsesi dengan ATB saat ini akan berakhir tahun 2020 mendatang. Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Purba Robert M. Sianipar mengatakan, akan membuka peluang yang sama bagi perusahaan yang mengikuti proses lelang. Hanya saja memang mempriotaskan bagi penanam modal dalam negeri (PMDN) dibanding investor asing. Namun tetap memberlakukan standar pelayanan yang lebih baik dari saat ini.

“Kami masih boleh mengandeng swasta, tapi kewenangan tidak seperti ATB sekarang. Melainkan dibagi dua, pemerintah akan mengurus distribusinya dan swasta mengurus produksinya, sehingga kerja sama dengan PMDN akan lebih mudah nantinya,” ujarnya di Kantor BP Batam, Senin (2/9/2017).

Hal itu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum yang di mana pengeloaan air bersih tidak boleh lagi sepenuhnya dikelola swasta. Melainkan harus dikelola bersama dengan pemerintah daerah atau dalam hal ini BP Batam. Maka itu, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM).

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com