SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lembaga Beladiri Sinar Putih, Ajarkan Silat dengan Metode Pernafasan

  • Reporter:
  • Minggu, 21 Januari 2018 | 21:11
  • Dibaca : 127 kali
Lembaga Beladiri Sinar Putih, Ajarkan Silat dengan Metode Pernafasan

SINDOBATAM – Lembaga Beladiri Sinar Putih merupakan ilmu beladiri silat dan ilmu pernafasan. Beladiri ini penggabungan dua daerah yakni Kalimantan Selatan dan silat dari Pasundan Jawa Barat, sehingga silat yang diajarkan merupakan hasil budaya nenek moyang bangsa Indonesia.

Ketua Pelatih Unit Sinar Putih Batam, Raden Rangga Alam mengatakan, saat ini Sinar Putih Batam memberikan pengajaran silat dengan metode pernafasan. Kata dia, ada tiga keuntungan yang akan didapatkan yakni kesehatan raga, kesehatan jiwa dan kesehatan tenaga jiwa.

“Metode pernafasan seperti di Sinar Putih tidak ada diperguruan silat manapun,” kata Raden, Minggu (21/1/2018).

Penggabungan silat dan ilmu pernafasan sambungnya, banyak memberikan manfaat bagi pengikutnya. Salah satunya ialah dari sisi kesehatan, bukan hanya kesehatan secara fisik saja, namun juga dari sisi kesehatan mental atau jiwa.

“Kalau kita mendeteksi suatu penyakit atau luka gampang saja, tapi kalau penyakit jiwa susah dideteksi. Marah, stres, emosi dan sejenisnya salah satu penyakit jiwa cuman tingkatannya berbeda,” ucapnya.

Untuk di Batam sendiri, Lembaga Beladiri Sinar Putih ada dua tempat yakni di Muka Kuning dan di Mesjid Cheng Ho Bengkong. Khusus di Bengkong setidaknya sudah diikuti puluhan orang dari berbagai usia.

“Sinar Putih bisa diikuti oleh siapa saja, apapun agamanya. Untuk usia laki-laki minimal umur 20 tahun dan perempuan minimal umur 18 tahun,” ucapnya.

Untuk di Batam sendiri kata Raden, ada dua kelas yakni kelas kuntao (silat) dan kelas pernafasan. Kata dia, khusus untuk kuntao atau seni beladiri atau silat ini dilatih khusus untuk menyerang atau melumpuhkan lawan.

“Bagi yang ingin ikut Sinar Putih, datang saja ke mesjid Cheng Ho Bengkong Laut. Biaya pendaftarannya sangat murah dan terjangkau,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com