SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lima Pelabuhan di Natuna Selesai 2019

Lima Pelabuhan di Natuna Selesai 2019

NATUNA – Kementerian Perhubungan menyetujui usulan Dinas Perhubungan Natuna untuk pengembangan dua dari empat pelabuhan yang selama ini menjadi penggerak utama lalu lintas barang.

Kepala Dinas Perhubungan Natuna Iskandar DJ mengatakan dua pelabuhan yang akan dikembangkan adalah Pelabuhan Selat Lampa dan Penagi. Sedangkan dua pelabuhan lagi yakni Pelabuhan Kelarik dan Teluk Buton dikembangkan belakangan karena baru diusulkan.

Menurut Iskandar, pengembangan pelabuhan strategis di Natuna harus segera dilaksanakan agar ekonomi masyarakat bergerak cepat.

Pengembangan pelabuhan tersebut di anggap perlu, mengingat Natuna sebagai daerah maritim di samping aktifitas bongkar muat barang di pelabuhan tersebut memang sudah ramai.

“Empat yang diusulkan, tapi tahap awal di Selat Lampa dan Penagi dulu,” ujar Iskandar, kemarin.

Lebih detil, pengembangan Pelabuhan Selat Lampa dan Penagi dimulai 2018 mendatangkan. Sedangkan dua pelabuhan lagi seperti Kelarik dan Teluk Buton masih dalam usulan.

Iskandar menerangkan pengembangan kedua pelabuhan tersebut mencakup melengkapi sarana pelabuhan seperti pembangunan gudang, terminal penumpang serta fasilitas pendukung lainnya.

Bukan saja membangun kelengkapan sarana di pelabuhan, tapi Dishub juga mengusulkan pembangunan jalan aspal dari pelabuhan Selat Lampa tembus kampung Teluk Depih.

Usulan pembangunan jalan tembus tersebut untuk mengantisipasi keselamatan dan kenyamanan transportasi darat, mengingat jalan yang ada saat ini kondisinya sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

“Jalan yang ada saat ini harus melintasi bukit Sekunyam sehingga jalanya terlalu curam. Sedangkan pembangunan jalan tembus Selat Lampa Teluk Depih dikerjakan tahun ini,” tutupnya.

Sebelum 2019
Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memastikan pembangunan tiga pelabuhan di beberapa lokasi di Natuna untuk mendukung konektivitas selesai sebelum 2019.

Tiga pelabuhan di Natuna, yang bakal selesai sebelum 2019 tersebut yakni Pelabuhan Subi, Midai, dan Pulau Laut.

Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Kementerian Perhubungan Maurits M Sibarani mengatakan untuk mendukung konektivitas di Natuna, dari saat ini sudah terdapat Pelabuhan Sungai Lampa yang juga sudah dilayari kapal Pelni Bukit Raya, Kementerian juga melakukan pembangunan sejumlah pelabuhan lain yakni di Subi, Midai, dan Pulau Laut.

Menurutnya, ketiga pelabuhan tersebut dipastikan akan selesai sebelum 2019. “Pelabuhan Midai dan Subi selesai tahun ini, tapi untuk Pulau Laut mudah-mudahan selesai tahun depan,” ujar dia belum lama ini.

Sibarani menjelaskan untuk menyelesaikan pembangunan pelabuhan di Pulau Laut, menghadapi tantangan kondisi lapangan dengan karakter gelombang yang cukup kuat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com