SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lingga dan Tanjungjabung Timur Kembangkan Pulau Berhala

Lingga dan Tanjungjabung Timur Kembangkan Pulau Berhala
Bupati Lingga Alias Wello dan Bupati Tanjungjabung Timur Romi Haryanto bersalaman di Gedung Daerah Daik, kemarin. HUMAS PEMKAB LINGGA

LINGGA – Pemkab Lingga dan Tanjungjabung Timur sepakat mengembangkan dan membangun Pulau Berhala sebagai destinasi wisata secara bersama-sama.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan kerjasama wisata di Pulau Berhala dengan Tanjungjabung Timur atas dasar pertimbangan anggaran. Keterbatasan anggaran Pemkab Lingga diyakini akan mempersulit pengembangan Pulau Berhala sebagai destinasi wisata yang mestinya bisa memajukan daerah ini.

“Saya tawarkan pariwisata di Pulau Berhala ke Bapak Bupati Tanjabtim demi menguntungkan kedua daerah,” ujar Alias saat menerima kunjungan Bupati Tanjungjabung Timur Romi Haryanto di Gedung Daerah Daik, kemarin.

Pertemuan tersebut diyakini bakal menjadi cikal bakal dan merintis pembangunan Pulau Berhala yang sempat jadi jadi perebutan antara Provinsi Kepri dan Jambi sepanjang 2012-2013 lalu. Sengketa usai setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan Pulau Berhala milik Provinsi Kepri pada Februari 2013.

Saat ini Pulau Berhala masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Singkep Selatan, Lingga. Luas Pulau Berhala sekitar 60 hektare dan ditinggali sekitar 50 keluarga. Pulau ini potensi wisata maritim dari pantai-pantai yang indah.

Meski milik Kepri, Pemprov Jambi terlanjur membangun aset infrastruktur mulai dari rumah, balai pertemuan, puskesmas, Sekolah Dasar, dermaga sampai prasasti. Sementara Pemprov Kepri sudah membangun puluhan rumah, SD, masjid, kantor-kantor desa, puskesmas. Tinggal dermaga yang belum dibangun.

Pertemuan tersebut, lanjut Alias, akan memperkuat hubungan yang sudah terjalin selama ini. Lingga bergantung dari Provinsi Jambi untuk pemenuhan kebutuhan pokok ketimbang mendatangkan dari Batam atau Tanjungpinang.

Pasokan dari Jambi lebih menguntungkan Lingga karena membuat harga murah dan stabil, sementara harga justru naik turun bila bahan pokok didatangkan dari Batam yang kebanyakan memakai kurs dolar Singapura. Alias menyatakan hubungan dengan Pemkab Tanjungjabung Timur penting untuk kemajuan daerahnya terlebih dua daerah berdekatan dan punya kultur yang sama, Melayu. “Tidak dapat saya bayangkan jika Lingga tidak bisa memasok kebutuhan pokok dari Jambi,” ujar Alias.

Bupati Tanjabtim Romi Haryanto mengungkapkan rasa takjubnya melihat Lingga yang punya potensi wisata alam seperti air terjun, gunung dan wisata lain. Romi memastikan kerjasama dengan Lingga menjadi komitmen bersama dan akan dibicarakan lagi lebih jauh.

Dalam kesempatan itu, Romi juga mengundang Lingga berpartisipasi dalam MTQ Provinsi Jambi yang menunjuk Tanjabtim sebagai tuan rumah. Pembicaraan dua tetangga ini juga mengarah ke permintaan izin Tanjabtim ke Pemkab Lingga agar warga mereka yang berkunjung ke Pulau Berhala bsia memakai fasilitas yang ada. “Setiap pekannya ada 200 hingga 500 warga Jambi berkunjung ke Berhala,” ungkap Romi.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com