SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lion Air Tunda Berlakukan Tarif Bagasi

  • Reporter:
  • Rabu, 9 Januari 2019 | 10:42
  • Dibaca : 178 kali
Lion Air Tunda Berlakukan Tarif Bagasi
Ilustrasi, Foto Arrazy Aditya.

NONGSA – Lion Air Group menunda pemberlakuan tarif bagasi untuk barang bawaan penumpang yang direncananya diterapkan per 8 Januari. Penundaan dilakukan karena pihak Lion Air akan mensosialisasikan rencana pemberlakuan tarif bagasi ini kepada penumpang terlebih dahulu.

“Ditunda pemberlakuan tarif bagasi di Lion Air Group. Tidak jadi tanggal 8 Januari ini dimulai, karena akan disosialisasikan terlebih dahulu,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

Menurut dia, kebijakan penundaan dan akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu ini merupakan kebijakan dari kantor pusat Lion Air, dan bukan kebijakan dari lokal.

“Seluruhnya ditunda, bukan hanya di Batam saja. Informasi seperti itu,” ujarnya.

Disinggung sampai kapan sosialisasi ini dilakukan, Suwarso mengaku tidak mengetahui secara pasti. “Belum tahu, sampai waktu yang tidak ditentukan,” katanya.

Distrik Manager Lion Air Grup Batam M Zaini Bire mengatakan, penundaan pemberlakuan tarif bagasi dikarenakan pihak Lion Air Group akan melakukan sosialiasi terlebih dahulu.

“Kami dalam seminggu ke depan ini mau lakukan sosialiasi dulu kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, lebih kurang sepekan ke depan ini Lion Air menganggap sudah cukup untuk sosialisasi, agar masyarakat tahu akan ada pemberlakuan tarif bagasi. Setelah sosialiasi dilakukan, barulah Free Baggage Allowance (FBA) diberlakukan ke penumpang. “Kalau sudah disosialisasikan baru kami mulai berlakukan,” kata Bire.

Seperti diketahui, Maskapai Lion Air dan Wings Air akan meniadakan bagasi gratis per 8 Januari mendatang. Penumpang hanya diperkenankan membawa barang bawaan ke kabin maksimal 7 kilogram (kg) dan selebihnya harus membayar bagasi.

Selama ini, Lion Air memberi bagasi cuma-cuma seberat 20 kg dan Wings Air yang juga merupakan maskapai Lion Grop memberikan bagasi gratis 10 kg. Namun, terhitung Selasa (8/1) mendatang, bagasi gratis untuk penerbangan domestik itu ditiadakan.

“Kebijakan baru berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis atau cuma-cuma ini efektif 8 Januari 2019 sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro kepada KORAN SINDO BATAM, Jumat (4/1).

Setiap calon penumpang, kata dia, diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita dan lainnya. “Penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019, tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air,” ujarnya.

Calon penumpang yang membawa barang di atas 7 kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan. Jika ingin tarif bagasi lebih murah, Danang menyarankan calon penumpang Lion Air dan Wings Air membeli voucher bagasi melalui agen perjalanan, website Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Rencana penerapan tarif bagasi ini membuat kecewa masyarakat. Sebab selama ini banyak dari masyarakat yang memilih Lion karena harga tiketnya lebih murah. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com