SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Longsor di Area Tambang Merapi, 2 Tewas

  • Reporter:
  • Rabu, 4 April 2018 | 15:06
  • Dibaca : 421 kali
Longsor di Area Tambang Merapi, 2 Tewas

SLEMAN–Aktivitas penambangan pasir di kawasan Merapi me ne lan dua korban jiwa setelah tebing setinggi 20 me ter sisi timur Sungai Gendol, Kali tengah Kidul, Glagaharjo, Cang kring an, Sleman, DIY, longsor, kemarin pagi.

Longsoran tersebut menimpa 4 truk pengangkut pasir yang ada di bawahnya. Akibatnya 2 sopir truk meninggal di tempat ke jadian serta 2 pekerja mengalami luka dan harus dibawa ke rumah sakit untuk men da patkan perawatan. Dua sopir truk yang me ning – gal atas nama Gunawan, 36, warga Bulaksalak, Wukirsari, Cangkringan dan Sugeng, 35, warga Kemurejo, Banyaaeng, Ka rangnongko, Klaten. Dua pekerja yang mengalami luka adalah Ny Citro Wiyono, 50, dan Pan di Wiyono, 55, keduanya war ga Kalitengah Kidul. Informasi yang dikum pulkan KORAN SINDO menyebutkan, longsor terjadi pada pukul 06.30 WIB. Saat itu ada empat truk yang ada di bawah tebing. Dua truk dari arah utara dan dua truk dari arah selatan.

Dua truk dari arah utara sudah berisi pasir dan saat kejadian sedang diratakan pasirnya oleh dua pe – kerja dalam keadaan berhenti, sedangkan dua truk dari arah selatan sedang melintas hen – dak mengisi pasir. Namun tiba-tiba tebing yang ada di atas empat truk itu longsor dan menimpa kenda ra – an tersebut. Sopir dan pekerja pun tidak sempat meng amankan diri dan langsung ter ti m – bun material pasir dan batu dari longsoran tebing. Mengetahui kejadian ini, war ga yang sedang berada di de – kat lokasi langsung berupaya mem berikan pertolongan dan me laporkannya ke instansi ter – kait. Tak berselang lama, pe tugas dari kepolisian, SAR, Koramil, dan kecamatan langsung me nuju lokasi kejadian serta memasang garis polisi selama pro ses evakuasi. Petugas akhir – nya bisa mengevakuasi satu truk dan empat korban yang ter timbun.

“Dua korban yang me ning gal dunia langsung dibawa ke RS Bha yangkara dan dua korban yang luka dibawa ke RS Panti Nu – groho, Pakem,” kata Muslih, 34, pekerja tambang warga Ke lor an, Temanggung, Jawa Tengah. Setelah berhasil meng eva – ku asi 1 truk dan 4 korban, pe tugas kembali melanjutkan eva – kuasi truk yang masih ter timbun longsoran. Namun saat evakuasi sekitar pukul 10.00 WIB, tiba-tiba terjadi longsoran susulan. Longsoran tersebut menyebabkan 2 petugas relawan dari Rescue Glagaharjo yang sedang berada di lokasi men jadi korban. Masing-masing atas nama Slamet Dumik, 34, dan Tentrem Buthuk, 33.

Keduanya warga Kalitrengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan. Untungnya Slamet Dumik bisa melarikan diri, sedangkan Tentrem ikut terbawa longsor an. Petugas langsung melakukan evakuasi dan berhasil menemukan Tentrem. Slamet yang hanya mengalami luka le cet di bagian pelipis kemudian dibawa ke Puskesmas Cangkringan, sedangkan Tentrem berhasil dievakuasi seki – tar pu kul 10.21 WIB dalam kondisi pingsan. Tentrem selanjutnya di bawa ke RS Panti nu gro ho. Korban yang mengalami luka memar dibagian punggung dan leher bagian belakang akhirnya sadar.

Selepas longsor susulan, petugas lantas menambah area police line. Apalagi pada bibir tebing terdapat rekahan yang ber – potensi menimbulkan longsor susulan lagi. Setelah berhasil mengevakuasi korban longsor susulan, petugas kembali melan jutkan evakuasi truk yang masih tertimbun longsoran. Ha nya saja karena kondisi hujan, petugas akhirnya menghen tikan evakuasi dan akan melanjutkan setelah kondisi membaik. Camat Cangkringan Mus tadi yang datang ke lokasi keja di an mengatakan, pihaknya su dah tak henti-hentinya meminta penambang agar lebih ber hatihati ketika beroperasi di de kat tebing yang curam.

“Ka lau untuk izinnya kan provinsi. Kami ha nya mengimbau saja agar lebih hati-hati,” ungkap nya. Terpisah, Kepala Humas RS Panti Nugroho Pakem Tatang Jarwanto mengatakan, korban yang selamat rata-rata mengalami luka lecet di bagian leher. Adapun saluran pernapasan masih aman sehingga bisa terselamatkan.

Priyo setyawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com